DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH MUROTTAL AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI BELAJAR BAGI ANAK AUTIS
PENGARANG:YUNIATI CANDRA SERLI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-11


ABSTRAK

 

Yuniati Candra Serli, 2020. Pengaruh murottal Al-quran dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar bagi anak autis.Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing I: Dewi Ratih Rapisa, M.Pd. Pembimbing II: Hasanudin, M.Pd.

Kata kunci : Murottal Al-Quran, Konsentrasi Belajar, Autis

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengalaman peneliti di sekolahan yang menunjukkan konsentrasi belajar siswa kurang baik, dengan ciri-ciri yaitu terdapat siswa yang tidak bisa duduk diam saat diberikan materi pelajaran, bermain-main ketika pelajaran, dan tidak fokus saat belajar di mulai.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh murotal Al-quran terhadap konsentrasi belajar pada anak autis.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, pola eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa autis kelas 3 sekolah dasar yang berinisial AFM dengan alasan kemampuan konsentrasi anak kurang sehingga anak tidak fokus dalam belajar di dalam kelas. Sistem pencatatan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi yang divisualisasikan melalui grafik garis.

Hasil penelitian pengaruh konsentrasi belajar pada anak autis pada baseline 1 (A1) memperoleh hasil sebesar 2 detik , intervensi (B) sebesar 4,5 detik, dan baseline 2 (A2) sebesar 8,5 detik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh murottal Al-quran dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar anak autis di SD Mawaddah Banjarmasin.


 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI