DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MEDIA SLIME UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS VIII DI SLB NEGERI 1 PELAIHARI
PENGARANG:RUSMIATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-11


ABSTRAK

 

Rusmiati, 2020 : “Media Slime untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis  pada Anak Tunagrahita Sedang Kelas VIII di SLB Negeri 1 Pelaihari

Program Studi Pendidikan Khusus.

Pembimbing (1) DR. H. Amka, M.Pd 

(2) Jiyanta, M.Pd

 

Kata Kunci : Slime, Menulis, Tunagrahita

 

 

Penelitian ini mengemukakan tentang kemampuan menulis pada anak tunagrahita sedang kelas VIII SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Pada penelitian ini diketahui bahwa anak tunagrahita sedang pada SLB Negeri 1 Pelaihari kelas VII tidak mampu menulis dengan baik dikarenakan kemampuan motorik anak kurang baik dalam memgang pensil. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah Apakah media slime dapat meningkatkan kemampuan menulis anak tunagrahita sedang.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada metode eksperimen dengan subjek tunggal atau SSR (singgle Subject Researce) Pelaksanaan penelitian ini menggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi.Observasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif karena peneliti terlibat dengan kegiatan sehari-hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data penelitian. Tehnik dokumentasi juga digunakan dalam penelitian ini, berupa data-data atau dokumen yang dikumpulkan peneliti  yang berhubungan dengan keadaan dan kondisi anak seperti autobigrafi, tes dan lain-lain.

            Akhirnya penelitian ini menemukan bahwa anak belum mampu menulis dengan baik dan benar sebelum diberikan intervensi. Hal ini dikarenakan metode dan media yang digunakan belum tepat dikarenakan motorik anak masih kaku dananak juga hanya bisa menulis kata-kata pendek. Saat diberikan intervensi berupa media slime, kemampuan motorik anak semakin baik sehingga mengakibatkan kemampuan menulis anak semakin. Hal ini terlihat dari nilai/skor yang diperoleh anak dari hari kehari setelah intervensi semakin meningkat dengan skor 53-93. Ini membuktikan bahwa media slime dapat meningkatkan kemampuan menulis anak tunagrahita sedang kelas VIII di SLBNegeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI