DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI, MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DAN DIVARIASI DENGAN MODEL TALKING STICK PADA SISWA KELAS IV SDN KUIN BESAR 1KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:IPADAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


Ipadah. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Transportasi Menggunakan Model Jigsaw Dikombinasikan Dengan Model Kepala Bernomor Struktur Dan Divariasi Dengan Model Talking Stick Pada Siswa Kelas IV SDN Kuin Besar 1 Kabupaten Banjar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. M. Saleh, M.Pd.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Perkembangan Tekhnologi Komunikasi dan Transportasi, Jigsaw, Kepala Bernomor Struktur, Talking Stick.

 

Permasalahan yang terjadi pada mata pelajaran IPS materi perkembangan tekhnologi komunikasi dan transportasi di SDN Kuin Besar 1 Kabupaten Banjar dikarenakan kurang tepatnya strategi pengajaran dalam proses pembelajaran, dimana penyampaian materi masih didominasi oleh guru sebagai sumber utama pengetahuan.  Metode pembelajaran yang selama ini digunakan adalah metode ceramah, sehingga kurang bervariasi ,selain itu aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran masih kurang terlibat aktif. Selain itu kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dimana siswa hanya mendengarkan apa yang dijelaskan guru kemudian mengerjakan tugas yang diberikan. Siswa kurang berpartisipasi didalam pembelajaran, dimana siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar.

Setting penelitian dilaksanakan dikelas IV SDN Kuin Besar 1 Kabupaten Banjar, semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa ada 25 orang  yaitu 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan mengamati selama pembelajaran berlangsung, dan hasil belajar siswa dilakukan diakhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru dalam pembelajaran adalah jika mencapai kategori sangat baik dan aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan indikator keberhasilan yaitu ≥65 atau secara klasikal mencapai ≥81%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kategori sangat baik. Aktifitas siswa terjadi peningkatan dengan kategori sangat aktif. Berdasarkan hasil ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 72 % dengan rata-rata 18,72 dan siklus II yaitu 92 % dengan rata-rata 19,20 dengan ketuntasan klasikal 100%.Aktivitas siswa secara individual dan berkelompok dari siklus I hingga ke siklus II mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

 

 Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dikombinasikan dengan model Kepala Bernomor Struktur dan divariasi dengan Taking Stick. Sehingga model pembelajaran Jigsaw dikombinasikan dengan model Kepala Bernomor Struktur dan divariasi dengan Taking Stick disarankan kepada guru, kepala sekolah dan peneliti lain agar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam variasi pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Tekhnologi Komunikasi dan Transportasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI