DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh media lampu warna untuk meningkatkan konsentrasi anak autis terhadap pembelajaran di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:RIZKY FEBRIANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


ABSTRAK

           Rizky Febriandi, 2020. Pengaruh Media Lampu warna untuk meningkatkan konsentrasi terhadap pembelajarandi Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi.  Program S1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing I: Dewi Ratih Rapisa, M. Pd. Pembimbing II: Hasanudin, M. Pd.

            Penelitian yang diangkat adalah anak autis yang memiliki durasi konsentrasi sangat singkat sehingga mengganggu dalam proses pembelajaran anak.Peneliti merasa dengan menggunakan media lampu warna akan mampu meningkatkan konsentrasi belajar pada anak autis. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media lampu warna untuk meningkatkan konsentrasi anak autis terhadap pembelajaran di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan.

Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan dalam penelitian ini  adalah desain A-B-A. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline A1, tahap treatment B, dan tahap baseline A2. Tahap baseline A1 sebagai data awal yakni sebelum adanya treatment dengan menggunakan media lampu warnadan baseline A2 sebagai kontrol dari baseline A1. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak autis di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Provinsi Kalimantan Selatan yang berinisial MR. Setiap data yang didapat selalu diamati dan dicatat berdasarkan instrument yang telah disiapkan, kemudian dokumentasi setiap kegiatan berupa foto. Setelah semua data terkumpul, maka dilakukan analisis data dengan cara menggunakan analisis visual. Penelitian pada kasus tunggal menggunakan statistik deskriptif yang sederhana.

Hasil penelitian yang telah dilakukan, pada baseline A1 kemampuan subjek untuk berkonsentrasi pada pembelajaran hanya 5-10 menit dengan skor capaian 20. Kemudian tahap treatment dengan media lampu warna terjadi peningkatan yang signifikan hingga mencapai durasi 25-30 menit, dan baseline A2 subjek mampu tetap konsisten dengan durasi 25-30 menit mampu konsentrasi terhadap pembelajran. Dapat disimpulkan bahwa media lampu warna yang diberikan kepada anak autis MR mengalami pengaruh pada konsentrasinya terhadap pembelajaran. Saran bagi anak Autis yang memiliki kesulitan untuk konsentrasi terhadap pembelajaran, saran bagi peneliti media lampu warna ini dijadikan dasar untuk membuat media-media selanjutnya.

Kata Kunci:Media lampu warna, meningkatkan konsentrasi, Anak Autis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI