DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH EKSTRAK KULIT BATANG ULIN (Eusideroxylon zwageri) TERHADAP PERTUMBUHAN Streptococcus mutans PADA PLAT GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK
PENGARANG:AMALIA NOVIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


ABSTRAK

 

PENGARUH EKSTRAK KULIT BATANG ULIN (Eusideroxylon zwageri) TERHADAP PERTUMBUHAN Streptococcus mutans PADA PLAT GIGI TIRUAN RESIN AKRILIK (Penelitian Pada Tipe Heat Cured)

 

Amalia Noviyanti, I Wayan Arya K. Firdaus, Rahmad Arifin

 

Latar Belakang: Streptococcus mutans merupakan bakteri inisiator pembentuk plak. Plak pada permukaan basis gigi tiruan dapat menyebabkan perubahan warna, bau mulut, peradangan, dan infeksi atau yang disebut denture stomatitis pada pengguna gigi tiruan lepasan. Kebersihan gigi tiruan perlu dijaga dengan merendam gigi tiruan ke dalam chlorhexidine gluconate 0,2%,. Namun, penggunaan chlorhexidine gluconate 0,2% dalam jangka panjang akan mneimbulkan efek samping diantaranya merubah warna gigi tiruan dan memudarkan pigmentasi basis gigi tiruan.Ekstrak kulit batang ulin dapat dijadikan bahan alternatif denture cleanser. Tujuan: Menganalisis apakah ekstrak kulit batang ulin dapat menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans pada plat gigi tiruan resin akrilik tipe heat cured. Metode: penelitian true eksperimental laboratories ini menggunakan rancangan post test only with control group design dengan sembilan kelompok perlakuan  yaitu ekstrak kulit batang ulin konsentrasi 5%, 10%, 20%, 40%, 60%, 80%, 100%, chlorhexidine gluconate 0,2% dan aquades dilakukan sebanyak tiga kali pengulangan dengan total jumlah sampel sebanyak 27. Aktivitas antibakteri diukur dengan cara menghitung jumlah koloni bakteri pada media Nutrient Agar. Hasil Penelitian: Ekstrak kulit batang ulin konsentrasi 5% dan 10% terbukti efektif dalam menurunkan jumlah koloni Streptococcus mutans dengan nilai rata-rata 30,3 CFU/ml dan 10,3 CFU/ml,ekstrak kulit batang ulin konsentrasi 20%, 40%, 60%, 80%, dan 100% terbukti efektif serta setara kemampuannya dengan chlorhexidine gluconate 0,2% dengan nilai rata-rata 0 CFU/ml. Kesimpulan: Ekstrak kulit batang ulin konsentrasi 20%, 40%, 60%, 80%, dan 100% terbukti efektif serta setara kemampuannya dengan chlorhexidine gluconate 0,2% dalam membunuh Streptococcus mutans sehingga berpotensi dijadikan sebagai bahan alternatif denture cleanser.

 

Kata kunci :Chlorhexidine gluconate 0,2%, Ekstrak Kulit Batang Ulin, Plat Resin Aktilik Tipe Heat Cured,Streptococcus mutans.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI