DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS MELALUI KOMBINASI MODEL INQUIRY LEARNING (IL), STUDENT TEAMS ACHIEMENT DIVISION (STAD) DIVARIASIKAN DENGAN TAKE AND GIVE PADA KELAS IV SDN BAWAHAN PASAR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NORJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


ABSTRAK

 

Norjannah. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Muatan IPS Melalui Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning (IL), Student Teams Achiement Division (STAD) divariasikan dengan Take and Give Pada Kelas IV SDN Bawahan Pasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Skripsi Dr. Ririanti Rachmayanie Jamain, S.Psi, M.Pd.

 

Kata Kunci : IPS, Jenis Pekerjaan, Inquiry Learning, Student Teams Achiement Division, Take and Give.

 

Penelitian ini dilatar belakangi masalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Bawahan Pasar Kec. Mataraman. Dengan  Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan 75 (2017/2018) hanya 8 orang yang mencapai nilai ≥75atau 50%padatema4, selebihnya belum berhasil. Penelitian ini bertujuan ingin meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar siswa kelas IV SDN Bawahan Pasar menggunakan kombinasi model pembelajaran Inquiry Learning, Student Teams Achiement Division (STAD), divariasikan dengan model Take and Give.

Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus 4 kali pertemuan dengan setting penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Bawahan Pasar. Dengan jumlah siswa 17 orang. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif berupa observasi aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran serta data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis. Analisa data dihitung berdasarkan skala presentasi dan indicator ketuntasan belajar klasikal yang telah ditentukan.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa kombinasi model pembelajaran Inquiry Learning, Student Teams Achiement Division (STAD), divariasikan dengan model Take and Givedapat diketahui aktivitas guru siklus I memperoleh skor 38 meningkat pada siklus II menjadi 41. Aktivitas siswa pada siklus I dari 41,17%, meningkat pada siklus II menjadi 88,2%. Hasil belajar siswa  pada siklus I ketuntasan klasikalnya hanya 41,17% meningkat pada siklus II menjadi 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar tema berbagai pekerjaan menggunakan kombinasi model pembelajaran Inquiry Learning, Student Teams Achiement Division (STAD) dan Take and Give pada siswa kelas IV SDN Bawahan Pasar  meningkat dan hipotesis dapat diterima. Disarankan kepada guru agar menggunakan model-model pembelajaran dalam mengajar untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa sehingga pembelajaran menjadi lebih optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI