DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK ISI CERITA FIKSI MENGGUNAKAN MODEL KOMBINASI NASKAH BERSALJU (COOPERATIVE SCRIPT, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN SNOWBALL THROWING) PADA SISWA KELAS IV SDN MAWAR 4 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKY FAISAL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan siswa dalam menyimak isi cerita fiksi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor yang menyebabkan ialah peserta didik kurang terampil dalam hal menyimak penyampaian tentang apapun dari guru ataupun teman sebaya dan kurangnya minat dalam belajar serta siswa masih terlihat malu-malu dalam membaca cerita fiksi di depan orang lain. Hal ini membuat peserta didik pasif, cepat bosan dan malas untuk mengikuti proses belajar mengajar. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Naskah Bersalju (Cooperactive Script, Numbered Heads Together (NHT), dan Snowball Throwing). 

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun setting penelitian dilakukan di kelas 4 SDN Mawar 4 Banjarmasin dengan jumlah siswa 23 orang, 13 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan persentase penskoran. 

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru telah mencapai skor 26 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan dengan persentase klasikal 60,86% menjadi 78,25% dengan kategori aktif, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan ketuntasan secara klasikal 65,21% menjadi 78,26%. 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada materi menyimak isi cerita fiksi menggunakan kombinasi model Naskah Bersalju (Cooperactive Script, Numbered Heads Together (NHT), dan Snowball Throwing) siswa kelas 4 SDN Mawar 4 Banjarmasin dapat meningkatkan aktivitas belajar menyimak isi cerita fiksi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. 

Disarankan kepada guru hendaknya dapat menjadikan model ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar khususnya materi menyimak isi cerita fiksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI