DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar pada Muatan Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Realistic Mathematic Education, Problem Based Learning, dan Make a Match di Kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin
PENGARANG:NURUL HIDAYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


Hidayah Nurul. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar pada Muatan Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Realistic Mathematic Education, Problem Based Learning, dan Make a Match di Kelas IV SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Realistic Mathematic Education, Problem Based Learning, Make a Match. 

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin pada siswa kelas IV adalah rendahnya aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun datar. Penyebabnya belum tersedianya pembelajaran yang membuat siswa aktif, siswa belum memahami konsep, motivasi belajar rendah, pembelajaran kurang bermakna, pembelajaran yang membosankan. Oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan aktivitas, motivasi, dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan Realistic Mathematic Education, Problem Based Learning, dan Make a Match. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis motivasi siswa, menganalisis aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa dalam materi bangun datar pada siswa kelas IV SDN Teluk Tiram 1.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan dua kali pertemuan tatap muka dan dua kali pertemuan menggunakan analisis kecenderungan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA semester genap SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2019/2020, jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Data dalam penelitian ini adalah data observasi aktivitas guru dan siswa, motivasi siswa, dan data hasil belajar. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis yang disajikan dalam tabel dan grafik di interpretasi dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dianggap berhasil dengan kriteria sangat baik, untuk motivasi belajar siswa secara klasikal tergolong dalam kriteia sebagian besar sangat termotivasi, aktivitas siswa secara klasikal tergolong dalam kategori sangat aktif, dan untuk hasil belajar secara klasikal juga telah terjadi peningkatan ketuntasan.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru disekolah dapat menggunakan kombinasi model Realistic Mathematic Education, Problem Based Learning, dan Make a Match sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pembelajaran disekolah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI