DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPA TEMA KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBLE DI KELAS IVB SDN ALALAK TENGAH 4 BANJARMASIN
PENGARANG:SUGIANOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


 

Sugianoor. 2020. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Muatan IPA Tema Kayanya Negeriku Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Dan Scramble Di Kelas IVB SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

 

Kata Kunci     : Aktivitas Belajar, Group Investigation, Numbered Heads Together, Scramble, IPA.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku. Penyebab rendahnya aktivitas belajar siswa karena pembelajaran bersifat satu arah, siswa masih pasif dalam berdiskusi, kurangnya kerja sama antar siswa dalam berkelompok, kurangnya kegiatan yang melibatkan siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan perbaikan melalui kombinasi model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk menganalisis hasil belajar siswa.

 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan, mencakup empat tahap, yaitu (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB SDN Alalak Tengah 4 Banjarmasin dengan jumlah 23 siswa. Data yang di ambil merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui tes tertulis secara berkelompok dan individu. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) aktivitas guru dikatakan berhasil dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa 82% hampir seluruhnya aktif; dan (3) hasil belajar dikatakan berhasil jika secara individual siswa mencapai nilai ≥70.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria cukup baik, pertemuan II dan III mencapai kriteria baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan III mencapai kriteria aktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 38%, pertemuan II mencapai 48%, pertemuan III mencapai 77%, dan pertemuan IV mecapai 91%.

 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation (GI), Numbered Heads Together (NHT), Dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema KayanyaNegeriku dikelas IVB SDN Alalak tengah 4 Banjarmasin dan hipotesis dapat diterima. Disarankan dengan penggunaan model tersebut dapat dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran IPA tema Kayanya Negeriku.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI