DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL DENGAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DAN METODE DEMONSTRASI SERTA PRAKTIK LANGSUNG DALAM KEGIATAN BERWUDHU PADA KELOMPOK B DI PAUD CERDAS KECAMATAN RANTAU BADAUH KABUPATEN BARITO KUALA.
PENGARANG:SALAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-12


ABSTRAK

Salamah.2020. Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama Dan Moral Dengan Kombinasi Model Explicit Instruction Dan Metode Demonstrasi Serta Praktik Langsung Dalam Kegiatan Berwudhu Pada Kelompok B Di Paud Cerdas Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

Kata Kunci :  Nilai Agama Dan Moral, gerakaan wudhu, model explicit instruction, metode demonstrasi, praktik langsung.

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek nilai agama dan moral anak terutama dalam kegiatan berwudhu yang masih belum berkembang. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakanKombinasi Model ExplicitInstruction Dan Metode Demonstrasi Serta Praktik Langsung Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan capaian pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak khususnya dalam kegiatan berwudhu.

Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di PAUD Cerdas Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala pada kelompok B yang berjumlah 15 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak dalamdalam kegiatan berwudhu. Analisis data dari aktivitas guru mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak secara rata-rata kelas mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif”, dan hasil pengembangan kemampuan kognitif anak minimal mendapat  dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 59.09% dengan kategori cukup baik, pada siklus II meningkat dengan mencapai 68,18% kategori baik. Aktivitas anak pada siklus I mencapai skor 53,48% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II mencapai 72,12%  memperoleh kategori aktif. Hasil pengembangan kemampuan nilai agama dan moral anak memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB).

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction Dan Metode Demonstrasi Serta Praktik Langsung Dalam Kegiatan Berwudhu Pada Kelompok B Di Paud Cerdas Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI