DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBUAT SANDAL JEPIT CETAK NAMA PADA ANAK AUTIS KELAS X SMALB DI SLBN 1 PELAIHARI
PENGARANG:FITRIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-13


ABSTRAK Fitriyadi. 2020 . Implementasi Pembelajaran Keterampilan Membuat Sandal Jepit Cetak Nama Pada Anak Autis Kelas X SMALB Di SLBN 1 Pelaihari. Program Studi Pendidikan Luar Biasa. Pembimbing (1) Dwi Ratih Rapisa, M.Pd (2) Hasanudin, M.Pd Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ingin mengungkapkan gambaran secara nyata mengenai pelaksanaan pembuatan sandal jepit cetak nama pada anak autis kelas X di Sekolah SLB Negeri 1 Pelaihari. Tujuan dari pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit cetak nama bagi anak autis, yaitu agar anak terampil dalam membuat sandal jepit cetak nama. Selain itu juga dapat melatih kemampuan motorik halus, konsentrasi, ketelitian, kesabaran, dan mengembangkan kreativitas tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan sandal jepit cetak nama. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas X autis SMALB Pelaihari Kabupaten Tanah Laut yang berjumlah satu orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mereduksi data,penyajian data, dan mengambil kesimpulan dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan data keabsahan data dapat dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Sandal jepit cetak nama pada anak autis kelas X SMALB Pelaihari Guru keterampilan sebelum mengajar sudah membuat RPP. Metode yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan sandal jepit cetak nama menggunakan metode unjuk kerja atau praktek. Evaluasi pelaksanaan pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit cetak nama dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, dan setiap akhir pembelajaran. Kendala yang ditemukan dalam pembelajaran keterampilan membuat sandal jepit cetak nama adalah siswa kadang kurang fokus atau kurang konsentrasi untuk mengukur dengan cetakan sandal,dan akhirnnya masih ada yang salah oleh karena itu guru tersebut harus mengarahkan atau memberikan contoh,dan mendampingi anak dalam mengerjakan sandal sampai selesai. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan – hambatan belajar anak autis adalah membina anak, dan mengarahkan anak agar fokus dalam mengikuti pembelajaran keterampilan sandal jepit cetak nama.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI