DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Keseimbangan Anak Tunagrahita Sedang Dengan Permainan Tradisional Engklek
PENGARANG:RIZKY SEPTIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-13


ABSTRAK

Septiana, Rizky, 1610127720074, 2020. Meningkatkan Keseimbangan Anak Tunagrahita Sedang dengan Permainan Tradisional Engklek. Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1: Agus Pratomo Andi W., M.Pd dan Pembimbing II: Sihadi, M.Pd

Kata Kunci : Keseimbangan, Permainan Tradisional Engklek, Anak Tunagrahita Sedang

          Permasalahan yang terjadi pada anak tunagrahita sedang kelas 1C SLB Negeri 1 Martapura adalah anak yang mengalami hambatan keseimbangan pada anak tunagrahita sedang, melalui permainan tradisional engklek maka penelitian ingin mengetahui apakah permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan keseimbangan pada anak tunagrahita sedang.

          Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan  keseimbangan anak melalui aktivitas permainan tradisional engklek pada anak tunagrahita sedang di SLB Negeri 1 Martapura dan mengetahui efektifitas permainan tradisional engklek terhadap peningkatan kemampuan dalam keseimbangan pada anak tunagrahita sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan metode Single Subject Research (SSR). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang peserta didik di kelas 1C SLB Negeri 1 Martapura, yang mempunyai hambatan keseimbangan dalam berjalan. Peneliti menggunakan desain A-B-A dimana A merupakan fase baseline dan B fase intervensi.

          Hasil penelitian dapat dilihat pada baseline awal (A1) atau kemampuan anak sebelum diberikan intervensi adalah 33,3% kemudian setelah diberikan intervensi (B) dengan menggunakan media berjalan digaris lurus mengalami peningkatan hingga mendapatkan hasil 63,33% setelah diberikan intervensi pada baseline (A2) mengalami peningkatan dengan hasil 73,33%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media permainan tradisional engklek memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan keseimbangan pada anak tunagrahita sedang. Gunakan media permainan tradisional engklek dengan benar guna untuk meningkatkan keseimbangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI