DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pendapatan dan Risiko Produksi Usahatani Sawi (Brassica rapa) di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru
PENGARANG:NOOR ISTIQOSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-13


                                                                             ABSTRAK

 

Noor Istiqosari. Analisis Pendapatan dan Risiko Produksi Usahatani Sawi (Brassica rapa) di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru. Di bawah bimbinganNuri Dewi Yanti dan Muhammad Fauzi.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat pendapatan bersih pada usahatani sawi di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru;menganalisis besarnya risiko produksi pada usahatani sawi di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru; dan menganalisis sumber – sumber risiko yang dihadapi berkaitan dengan usahatani sawi di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Januari 2020 sampai dengan Mei 2020. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan pertimbangan petani yang mayoritas melaksanakan pengembangan usahatani sayuran terutama tanaman sawi. Responden penelitian dilakukan secara sampling berjumlah 50 orang dari 89 orang petani yang menanam sawi. Metode pengolahan data yang digunakan adalah analisis pendapatan, analisis kelayakan, analisis risiko menggunakan expected return, dan metode deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pendapatan bersih pada usahatani sawi di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru adalah sebesar Rp 1.835.276,- dengan nilai kelayakan sebesar 1,99 yang menunjukkan bahwa usahatani tersebut layak untuk diusahakan. Nilai risiko produksi pada usahatani sawi di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru sebesar 9,7% dengan harapan perolehan hasil sebanyak 49,75 kw/ha.Sumber-sumber risiko yang dihadapi berkaitan dengan usahatani sawi di Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaruberturut-turut adalah hama, penyakit, cuaca, iklim, teknologi usahatani dan manajerial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI