DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, DISIPLIN DAN HASIL PERKEMBANGAN ANAK DALAM MENIRU GERAKAN IBADAH (WUDHU) SESUAI URUTAN MENGGUNAKAN EXITS MAABAR PADA ANAK KELOMPOK B TK ISLAM MIFTAHUL ILMI BANJARMASIN
PENGARANG:ANJELIA GALUH INTAN MAWARNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


Mawarni, Anjelia Galuh Intan.2020Meningkatkan Aktivitas Belajar, Disiplin, dan  Hasil Perkembangan Anak dalam Meniru Gerakan Ibadah (Wudhu) Sesuai Urutan Menggunakan Kombinasi Model Explicit Intruction, Model Tlking Stick dan Media Nyta Patung Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Islam Miftahul Ilmi Banjarmasin. Skripsi Program Pendidkan Guru Pendidkan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof.Drs.Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D  

 

Kata kunci: Aktivitas Belajar, Disiplin, Dan Hasil Perkembangan Anak, Model Explicit Intruction, Model Talking Stick Dan Media Nyata Patung Bergambar.

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Nilai Agama Dan Moral  dalam melakukan kegiatan meniru gerakan ibadah (berwudhu), sebagian besar anak belum sesuai urutan dalam meniru gerakan ibadah (berwudhu), sebagian besar anak tidak memperhatikan pada saat kegiatan meniru gerakan ibadah (berwudhu). Salah satu upaya meningkatkan aktivitas belajar, disiplin, dan hasil perkembangan anak dalam meniru gerakan ibadah (wudhu) sesuai urutan menggunakan kombinasi model explicit intruction, model talking stick dan media nyta patung bergambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, disiplin anak dan untuk meningkatkan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan kelas (ptk), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan, subjek penelitian adalah anak kelompok B Tk Islam Miftahul Ilmi Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020. Jumlah anak sebanyak 12 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif .Melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan sisiplin belajar anak data kualitatif diperoleh melalui teknik pengukuran tes secara individu. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif yang dijabarkan dengan grafik disajikan dengan indkator ketuntasan belajar yang ditetapkan

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pertemuan I mencapai kriteria kurang baik, pertemuan II kreteria baik, pertemuan III dan pertemuan IV sangat baik. Aktivita siswa pada pertemuan I mencapai kreteria kurang aktif, pertemuan II kreteria aktif, pertemuan III dan IV mencapai kreteria sangat aktif. Disiplin belajar anak pertemuan I mencapai kreteria kurang aktif, pertemuan II kreteria aktif, pertemuan III dan IV mencapai kreteria sangat aktif.ketentuan klasikal hasil perkembangan anak pada pertemuan I mencapai 33% pertemuan II mencapai50% .pertemuan III mencapai 75% pertemuan IV mencapai92% 

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model explicit intruction, model tlking stick dan media nyta patung bergambar.dapat meningkat aktivitas, disiplin dan hasil perkembangan anak. Disarankan penggunaan model dan media tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan hasil perkembangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI