DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE, PICTURE AND PICTURE, DAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MEMBEDAKAN PERBUATAN BAIK DAN BURUK DI KELOMPOK B
PENGARANG:SITI NURHALIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


Nurhaliza, Siti.2020.Implementasi kombinasi model example non exampel, picture and picture, dan metode bercerita dalam mengembangkan aspek nilai agama dan moral anak dalam membedakan perbuatan baik dan buruk di tk aisiyah 5 banjarmasin. Skripsi Program Pendidkan Guru Pendidkan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Daesy Arisanty, M. Sc

Kata kunci:Nilai Agama dan Moral, Membedakan Baik dan Buruk, Model   example Non example, Model Picture And Picture, dan Metode Bercerita

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi kombinasi model example non example, picture and picture, dan metode bercerita  dalam mengenal berbagai macam gambar berperilaku baik dan buruk di TK Aisiyah 5 Banjarmasin pada kelas B1. Kombinasi model example non example, picture and picture, dan metodebercerita dalam mengenal berbagai macam gambar barperilaku baik dan buruk selama ini sangat jarang di lakukan oleh tenaga pendidik disana. Mengingat kombinasi model example non example, picture and picture, dan metode bercerita dalam mengenal berbagai macam gambar berpirilaku baik dan buruk ini banyak memakan waktu,baik persiapan sampai pelaksanaannya, memerlukan tempat yang lebih luas karena jika terlalu sempit membuat anak kurang bebas Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kulitatif deskriptif. objek yang alamiah. Penelitian yang bersifat deskriptif yaitu suatu penelitian yang mendapatkan suatu gambaran secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta dan perkembangan individu di sekolah apa adanya. Objek penelitiannya yaitu implementasi kombinasi model example non example, picture and picture, dan metode bercerita  dalam mengenal berbagai macam gambar berperilaku baik dan buruk. Teknik pengumpulan data yang di gunaka adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan uji keabsahan data menggunakan uji teknik pemeriksaan dengan memanfaatkan metode (trianggulasi metode). Berdasarkan hasil penelitian yang  didapatkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model example non example, picture and picture, dan metode bercerita  dalam mengenal berbagai macam gambar berperilaku baik dan buruk dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia dini di TK Aisiyah 5 Banjarmasin masih belum berkembang sebab Langkah-langkah pembelajaran yang di lakukan ketika menggunakan kombinasi model example non example, picture and picture, dan metode bercerita  dalam mengenal berbagai macam gambar berperilaku baik dan buruk adalah dengan mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan dan peraturan dalam bermain, membicarakan alat-alat yang akan digunakan oleh anak-anak untuk bermain, mengumpulkan anak untuk diberi pengarahan, memberi aturan dalam permainan, mengabsen serta menghitung jumlah anak, membagikan tugas kepada anak sebelum bermain, serta mengevaluasi dan mengulas kembali pembelajran yang di lakukan. Dalam permainan dan hal tersebutlah yang menjadi penghambat perkembangannilai agama dan moral pada anak belum bisa Berkembang secara sempurna.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI