DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB -C NEGERI PEMBINA
PENGARANG:ARIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


ABSTRAK

 

Arianto, 2020. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Penjumlahan Melalui Penggunaan Media Boneka Jari Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB-C Negeri Pembina. Skripsi Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (1) Dr. Imam Yuwono, M.Pd dan   ( II) Monry Fraick Nicky G.R.S., M.Pd

 

Kata kunci : Prestasi Belajar Matematika, Penjumlahan, Media Boneka Jari, Anak Tunagrahita Ringan

Permasalahan yang ditemuakan bahwa kemampuan anak tunagrahita di kelas IV SLBC Negeri Pembina Liang Anggang masih belum mampu belajar menjumlahkan terutama dari  bilangan 1 sampai 10. Anak membutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakan soal dan anak selalu mengulang penjumlahanya karena lupa dengan jumlah bilangannya. Selain itu hasil jawaban yang diberikan oleh anak sebagian besar masih salah. Tujuan penelitian ini adalah untuk  meningkatkan prestasi belajar matematika penjumlahan melalui penggunaan media boneka jari pada anak tunagrahita ringan Kelas IV di SLB-C Negeri Pembina.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode PTK. Subjek penelitian ini berjumlah 1 orang anak tunagrahita ringan. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan persentasi dan kualitatif denagan analisis penjabaran dari hasil yang didapatkan dari hasil penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar anak dalam memahami dan belajar penjumlahan 1-10  Siklus 1 pertemuan pertama hasil rata-rata kemampuan siswa dalam belajar penjumlahan 1-10 yaitu 47.5. Siklus 1 pertemuan kedua hasil rata-rata kemampuan siswa dalam belajar penjumlahan 1-10 yaitu 52.5. Siklus 2 pertemuan pertama hasil rata-rata kemampuan siswa dalam belajar penjumlahan 1-10 yaitu 62.5. Siklus 2 pertemuan kedua hasil rata-rata kemampuan siswa dalam belajar penjumlahan 1-10 yaitu 95.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI