DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FORMULASI NANOEMULGEL EKSTRAK METANOL BUAH KASTURI (MANGIFERA CASTURI KOSTERM.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI CARBOMER
PENGARANG:AYU DESIANA ARDIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


 

ABSTRAK

 

 

 

FORMULASI NANOEMULGEL EKSTRAK METANOL BUAH KASTURI (Mangifera casturi Kosterm.) DENGAN VARIASI KONSENTRASI CARBOMER(Oleh: Ayu Desiana Ardianti; Pembimbing: Sutomo & Mia Fitriana; 2020; 36 halaman)

 

 

 

Buah kasturi (Mangifera casturi Kosterm.) mengandung senyawa golongan terpenoid dan polifenol yang berpotensi sebagai antioksidan. Ekstrak buah kasturi dapat dibuat menjadi sediaan nanoemulgel untuk meningkatkan absorbsi lewat kulit serta mencegah terjadinya flokulasi, kriming, koalesens dan sedimentasi. Nanoemulsi merupakan kombinasi dari nanoemulsi dan gel. Carbomer digunakan sebagai basis gel karena mudah terdispersi dalam air serta dapat membentuk gel yang baik dan jernih. Tujuan penelitian ini untuk menetapkan karakteristik apa saja yang dipengaruhi oleh variasi konsentrasi carbomer serta menentukan bagaimana pengaruh variasi konsentrasi carbomer terhadap karakteristik organolepis, pH, daya lekat dan daya sebar sediaan nanoemulgel ekstrak metanol buah kasturi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Ekstrak buah kasturi dibuat menjadi 3 formulasi nanoemulgel dengan variasi konsentrasi carbomer F1 (0,3%), F2 (0,4%) dan F3 (0,5%). Evaluasi sediaan meliputi uji organoleptis, uji homogenitas, uji pH, uji daya sebar, dan uji daya lekat. Analisis data statistik dilakukan menggunakan SPSS dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan bermakna dari variasi konsentrasi carbomer pada uji pH dan uji daya lekat, sedangkan pada uji daya sebar ada beberapa kelompok yang memiliki perbedaan bermakna dan ada beberapa kelompok yang tidak menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna. Kesimpulannya adalah variasi konsentrasi carbomer mempengaruhi karakteristik organoleptis, pH, daya lekat, dan daya sebar sediaan.

 

Kata kunci : ekstrak metanol buah kasturi, nanoemulsi, nanoemulgel, carbomer

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI