DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSENTRASI MELALUI PERMAINAN LEGO PADA ANAK HIPERAKTIF
PENGARANG:RESNI YULITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


ABSTRAK

 

Resni Yulita .2020.            Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Melalui Permainan  Lego Pada Anak Hiperaktif Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Tahun  Akademik 2019/2020 Pembimbing I: Dr. Ali Rachman, M.Pd dan Pembimbing II: Mirnawati, M.Pd.

Kata Kunci: Permainan Lego, Konsentrasi, Hiperaktif

Permasalahan yang terdapat pada nak Hiperaktif kelas kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal yaitu kesulitan dalam memusatkan perhatian. Anak seringkali mudah terdistraksi oleh lingkungan yang ada disekitarnya. Anak menjadi kesulitan dalam mempertahankan kemampuan berkonsentrasinya.

Penelitian ini menggunakan penelitian dengan penelitian subjek tunggal, atau lebih dikenal dengan istilah Single Subject Research (SSR). Dengan desain yang digunakan dalam penelitian yaitu desain A-B-A yang dilaksanakan sebanyak 17 sesi, terdiri dari baseline 1 (A1) 5 sesi, Intervensi (B) 7 sesi, dan baseline 2 (A2) 5 sesi. Sistem pencatatan data menggunakan skor nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stimulus dengan menggunakan permainan Lego dalam latihan mempertahankan kemampuan konsentrasi anak pada baseline 1 (A1) memperoleh dengan mean level 36, Intervensi (B) memperoleh dengan mean level 45, dan Baseline 2 (A2) memperoleh mean level 57.

Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa mengalami peningkatan terhadap konsentrasi anak Hiperakitf. Oleh karena itu, penerapan pemberian menggunakan  Lego salah satu penunjang dalam menstimulus anak denga kegiatan belajar sambil bermain. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi anak dengan menggunakan permainan Lego dapat menarik partisipasi anak agar dapat mempertahankan konsentrasinya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI