DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MENULIS ANAK CEREBRAL PALSY SPASTIC MELALUI MEDIA CINCIN PENSIL DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL TAPIN
PENGARANG:MAULIDATUN HASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


ABSTRAK

 

 

Maulidatun Hasanah,1610127720045, 2020.  Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis Anak Cerebral Palcy Spastic Melalui Media Cincin Pensil Di Tk Aisyiyah  Bustanul Athfal Tapin . Skripsi.  Program Studi  Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H.Amka, M.Si dan Pembimbing II: Jiyanta,M.Pd.

 

Kata Kunci: Media Cincin Pensil, Kemampuan Pra Menulis, Cerebral Palcy Spastic

 

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah anak mengalami hambatan dalam kemampuan pra menulis sehingga anak cerebral palcy spastic kelompok B Tk Aisyyah Bustanul Athfal Tapin mengalami kesulitan dalam  menyelesaikan kegiatan yang  berhubungan dengan motorik halus. Fakta dilapangan ditemukan bahwa anak cerebral palcy spastic kesulitan dalam memegang pensil dengan benar dan pra menuliskannya karena lemahnya pada jari-jari tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pra menulis anak melalui media cincin pensil  pada anak cerebral palsy spastic kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Tapin .

Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR ( Singel Subject  Research ). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A–B A. Desain A–B A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan tahap baseline 2 (A2) sebagai kontrol dari baseline 1 (A1), subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa cerebral palcy spastic kelompok besar (B) di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin yang bernama  Faqih. Sistem pencatatan data  dalam penelitian melalui observasi langsung  dengan maksud untuk  mencatat variabel terikat pada saat kejadian atau perilaku terjadi dengan cara melakukan pencatatan kejadian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media cincin pensil dapat meningkat kemampuan pra menulis anak cerebral palcy spastic kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin. Adapun skor  peningkatan dalam penelitian dapat dilihat pada tahap baseline 1 (A1)   46,8% ke tahap  intervensi  (B)  sebesar 59,4% ini terjadi peningkatan sebesar 12,6 %, kemudian dari tahap intervensi 59,4% ke tahap baseline 2 (A2) 75%,  jadi peningkatan dari tahap intervensi ke tahap baseline 2 (A2) sebesar  15,6 %.  Jadi total keselurukan  peningkatan  kemampuan menulis anak cerebaral palcy spatic di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin sebesar 28%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI