DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRA MENULIS ANAK CEREBRAL PALSY SPASTIC MELALUI MEDIA CINCIN PENSIL DI TK ASYIYAH BUSTANUL ATHFAL TAPIN | |
PENGARANG | : | MAULIDATUN HASANAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-08-14 |
Maulidatun Hasanah,1610127720045, 2020. Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis Anak Cerebral Palcy Spastic Melalui Media Cincin Pensil Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin . Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr. H.Amka, M.Si dan Pembimbing II: Jiyanta,M.Pd.
Kata Kunci: Media Cincin Pensil, Kemampuan Pra Menulis, Cerebral Palcy Spastic
Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah anak mengalami hambatan dalam kemampuan pra menulis sehingga anak cerebral palcy spastic kelompok B Tk Aisyyah Bustanul Athfal Tapin mengalami kesulitan dalam menyelesaikan kegiatan yang berhubungan dengan motorik halus. Fakta dilapangan ditemukan bahwa anak cerebral palcy spastic kesulitan dalam memegang pensil dengan benar dan pra menuliskannya karena lemahnya pada jari-jari tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pra menulis anak melalui media cincin pensil pada anak cerebral palsy spastic kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Tapin .
Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR ( Singel Subject Research ). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain A–B A. Desain A–B A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan tahap baseline 2 (A2) sebagai kontrol dari baseline 1 (A1), subjek dalam penelitian ini adalah satu siswa cerebral palcy spastic kelompok besar (B) di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin yang bernama Faqih. Sistem pencatatan data dalam penelitian melalui observasi langsung dengan maksud untuk mencatat variabel terikat pada saat kejadian atau perilaku terjadi dengan cara melakukan pencatatan kejadian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media cincin pensil dapat meningkat kemampuan pra menulis anak cerebral palcy spastic kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin. Adapun skor peningkatan dalam penelitian dapat dilihat pada tahap baseline 1 (A1) 46,8% ke tahap intervensi (B) sebesar 59,4% ini terjadi peningkatan sebesar 12,6 %, kemudian dari tahap intervensi 59,4% ke tahap baseline 2 (A2) 75%, jadi peningkatan dari tahap intervensi ke tahap baseline 2 (A2) sebesar 15,6 %. Jadi total keselurukan peningkatan kemampuan menulis anak cerebaral palcy spatic di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Tapin sebesar 28%.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI