DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KEPEDULIAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP ANAK TUNA DAKSA DI KELAS III SDN KANDANGAN BARAT 4
PENGARANG:RENY PERMATA SARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


ABSTRAK

 

RENY PERMATA SARI.NIM 1610127720070. Kepedulian Sosial Teman Sebaya Terhadap Anak Tunadaksa Dikelas III SDN Kandangan Barat 4. Pembimbing I : Dr. Ali Rachman, M.Pd. Pembimbing II : Mirnawati, M.Pd

Kata Kunci : Kepedulian sosial, Teman sebaya,Aanak tuna daksa.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kepedulian sosial teman sebaya terhadap anak tuna daksa dikelas III  SDN Kandangan Barat 4. Kepedulian sosial teman sebaya dilihat dari ekspresi dan kesediaan orang lain untuk melakukan sesuatu dan perilaku yang diterima anak dari orang lain. Selain itu juga dorongan guru kelas dalam membantu kepedulian sosial teman sebaya terhadap anak tuna daksa.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah empat (4) teman sebaya di kelas 3 dan guru kelas sebagai informan tambahan. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik  Member Chek.

Hasil penelitian menunjukkan kepedulian sosial teman sebaya terhadap anak tuna daksa di kelas 3 berbeda-beda. Perbedaan ditunjukkan dengan perhatian dan kepedulian yang diberikan oleh salah satu temannya dengan berinisiatif mengajak bermain dan bisa menjadi penengah saat temannya bertengkar. Namun, teman-temannya akan membantu saat anak tuna daksa membutuhkan bantuan dan tidak menganggapnya berbeda dengan teman yang lainnya. Pengertian dan dorongan yang diberikan guru membantu teman-temannya lebih mengerti keadaan anak tuna daksa yang masih membutuhkan bantuan dan mengerti keadaan anak tuna daksa yang terkadang menangis sendiri.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI