DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS BELAJAR, MOTIVASI DAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN MODEL PELANGI (examPles non Examples, roLe plAying dan talkiNG stIck) PADA KELOMPOK B TK INAYATUL ATHFAL BANJARMASIN
PENGARANG:NAZLA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


Nazla. 2020. Mengembangkan Aktivitas Belajar, Motivasi dan Kemampuan Sosial Sosial Emosional Anak Dalam Bersikap Kooperatif Dengan Teman Menggunakan Model PELANGI (examPles non Examples, roLe plAying dan talkiNG stIck) Pada  Kelompok B TK Inayatul Athfal Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Motivasi, Sosial Emosional, Bersikap Kooperatif Dengan Teman, Model PELANGI (examPles non Examples, roLe plAying dan talkiNG stIck)

         Penelitian berlatar belakang pada rendahnya aktivitas belajar, motivasi dan kemampuan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman kerena kurangnya penerapan kegiatan kelompok karena proses pembelajaran banyak mengerjakan LKA atau buku paket, kurangnya stimulus dan pemahaman anak mengenai sikap kerjasama dan bermain dengan teman, pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan serta proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi dan hasil perkembangan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman menggunakan model PELANGI (examPles non Examples, roLe plAying dan talkiNG stIck).

            Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan  2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Inyatul Athfal Banjarmasin yang berjumlah 18 orang anak. Teknik Pengumpulan data melalui observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari lembar observasi dengan indikator keberhasilan guru mencapai kategori “Baik”, aktivitas anak mencapai kategori “Aktif”, Motivasi mencapai kategori “Tinggi” dan hasil perkembangan anak mendapat bintang êêê dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH).

            Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas guru yang memperoleh skor 24 dengan kategori  “Baik” , Aktivitas anak memperoleh 72% dengan kategori “Aktif” . Motivasi belajar anak memperoleh 67% dengan kategori “Tinggi” sedangkan hasil perkembangan anak mencapai 67% dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan” (BSH).

         Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PELANGI dapat meningkatkan  aktivitas anak, motivasi dan kemampuan sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Disarankan penggunaan model dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengembangan  kemampuan sosial emosional anak khususnya bersikap kooperatif dengan teman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI