DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH AKTIVITAS HANDSTAN DALAM MENGURANGI PERILAKU HANDPLAPPING ANAK AUTIS DI SLB PLUS MADANA DUN YA BANJARMASIN
PENGARANG:MIFTAHUL IKHSAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


ABSTRAK

Miftahul Ikhsan, 2020. Pengaruh Aktivitas Handstand Dalam Mengurangi Perilaku Handplapping di Slb Plus Madana Dun Ya Banjarmasin. Skripsi.  Program S1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing I: Dewi Ratih Rapisa, pembimbing II: Hasanudin

Kata Kunci:Aktivitas Handstand, Perilaku Handplapping, Anak Autis.

Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah anak autis  mengalami hambatan dalam perilaku handplapping sehingga anak mengalami kesulitan  dalam menyelesaikan tugas-tugas maupun aktivitas. Fakta dilapangan ditemukan bahwa anak autis mengalami hambatan perilaku handplapping saat belajar dan beraktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh aktivitas Handstand dalam mengurangi perilaku Handplapping anak autis di Slb plus madana dun ya Banjarmasin.

Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR (Single Subject Research). Desain yang digunakan dalam penelitian ini  adalah desain A-B-A. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1 (A1), tahap intervensi (B), dan tahap baseline 2 (A2). Tahap baseline 1 (A1) sebagai data awal yakni sebelum adanya treatment atau perlakuan, tahap intervensi dengan menggunakan aktivitas handstand dan baseline 2 (A2) sebagai kontrol dari baseline 1 (A1). Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak autis di Slb Plus Madana Dun Ya Banjarmasin yang berinisial A.

Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas handstand  di Slb plus madana dun ya Banjarmasin mengalami pengaruh pada perilaku handplapping anak autis di Slb plus madana dun ya. Sehingga dapat dilihat hasil penelitian pada baseline 1 (A1) kemampuan subjek penelitian dalam perilaku handplapping memperoleh mean level sebesar 3,5 tahap intervensi diperoleh mean level sebesar 6,5 dan baseline 2(A2) memperoleh mean level sebesar 9,33.Saran bagi anak diharapkan dapat berkurangnya perilaku handplapping dalam kesehariannya,  bagi peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian lanjutan tentang aktivits handstand pada anak autis, orangtua dapat memberikan perhatian bagi anak dalam setiap perkembangan anak.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI