DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Media Pembelajaran Eksplosion Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Speech Delay Usia 5 Tahun Di PAUD Al Hidayah
PENGARANG:LUSIYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-14


ABSTRAK

 

LUSIYANA, 1610127720040, 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Eksplosion Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Speech Delay Usia 5 Tahun Di Paud Al-Hidayah. Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing 1: Agus Pratomo Andi W, M.Pd dan Pembimbing II: Sihadi, M.Pd.

 

Kata kunci: Media eksplosion box, kemampuan berbahasa, anak speech delay

 

Kemampuan berbahasa anak speech delay usia 5 tahun di PAUD Al-Hidayah menunjukkan rendahnya kemampuan berbahasa anak tersebut. Rendahnya kemampuan berbahasa tersebut mengindikasikan kurang efektifnya proses belajar mengajar di sekolah terhadap materi yang diberikan. Faktor yang menyebabkan kurang efektifnya proses belajar mengajar adalah belum optimalnya penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran  eksplosion box terhadap kemampuan berbahasa anak speech delay usia 5 tahun di PAUD Al-Hidayah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan metode Singgle Subject Research (SSR). Subyek dalam penelitian ini berjumlah 1 orang peserta didik PAUD Al-Hidayah berusia 5 tahun, yang mempunyai hambatan keterlambatan dalam berbicara. Pengumpulan data menggunakan soal tes penugasan yang berjumlah 6 butir. Teknik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada fase baseline 1 (A), intervensi (B) dan baseline 2 (A’) berturut-turut sebesar 15, 53 dan 40. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media eksplosion box memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak speech delay usia 5 tahun di PAUD Al-Hidayah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI