DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas & Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model CIRC, Cooperative Learning, Snowball Throwing Pada Siswa SD
PENGARANG:RENNY ENDAH PARWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-15


Renny Endah Parwati 2020MeningkatkanAktivitas & Hasil Belajar Siswa Pada Tema Daerah Tempat TinggalkuMuatan Bahasa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model  CIRC, Cooperative Learning, Snowball Throwing Pada Siswa SD Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas Guru, Aktivitas siswa, Hasil Belajar siswa, CIRC, Cooperative Learning, Snowball Throwing.

 

Permasalahan penelitian terjadi karena rendahnya aktivitas belajar siswa, yang disebabkan proses pembelajaran yang bersifat satu arah serta kurangnya variasi dalam orientasi pembelajaran. Sehingga siswakurang menyimak penjelasan guru sertakurangnya motivasi siswa dalam memebaca mengakibatkan rendahnya keterampilan menulis siswa.Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkombinasi model pembelajaran CIRC, Cooperative Learning, Snowball Throwingpada materi menuliskan kembali isi teks cerita fiksi. Agar dapat mengoptimalkan aktivitas belajar, meningkatkan hasil belajar siswa serta mendeskripsikan aktivitas guru.

Jenis penelitian merupaka Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang dilaksakan melalui II siklus di mana. Pengambilan data kuantitatif kualitatif diperoleh dari aktivitas siswa dan hasil belajar dengan teknik observasi dan data kualitatif diperoleh dari hasil aktivitas siswa. Setting pelaksanaan kegiatan penelitan di kelas IVC SDN 1 Guntung Payung Banjarbaru dengan jumlah siswa 26 orang yaitu 14 siswa laki-laki serta 12 siswa perempuan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1, memperoleh kriteria baik, pertemuan 2 memperoleh kriteria sangat baik, pertemuan 3 memenuhi kriteria sangat baik”. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 memperoleh kriteria cukup aktif” dengan persentase 58%, pertemuan 2 memperoleh kriteria “sangat aktif” dengan persentase 88%, dan pertemuan 3 memperoleh kriteria“sangat aktif” dengan persentase 96%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model CIRC, Cooperative Learning, Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas siswa pada muatan Bahasa Indonesia materi menuliskan isi teks cerita fiksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI