DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF AWAS MELALUI PENDEKATAN METODE MULTISENSORI PADA ANAK TUNANETRA LOW VISION DI PAUD TERPADU TK-KB NEGERI PEMBINA ANGSANA
PENGARANG:SITI MAIMUNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-18


Kata Kunci : Metode Multisensori, Mengenal Huruf Awas, Tunanetra low visionPermasalahan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf awas melalui pendekatan metode multisensori pada anak Tunanetra low vision di PAUD Terpadu TK-KB Negeri Pembina Angsana. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research(SSR), dengan desain A-B-A.Metode yang diterapkan dalam penelitian ini metode Multisensori yang mengfungsikan seluruh indera sensori seperti visual, auditori, kinestetik, dan taktil namun metode Multisensori yang digunakan dalam penelitian ini hanya menggunakan penglihatan, pendengaran dan perabaan.. Subjek penelitian ini satu orang siswa low vision kelompok B di PAUD Terpadu TK-KB Negeri Pembina Angsana. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik deskriptif dengan analisis data dalam kondisi dan analisis data antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode multisensori dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf awas pada anak tunanetra low visiondi PAUD Terpadu TK-KB Negeri Pembina Angsana. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peningkatan persentase keberhasilan pada setiap fase, yaitu pada baseline-1 (A1) 40% menjadi 68%, pada Intervensi (B) 48% menjadi 84% dan pada baseline-2 (A2) dari 76% menjadi 92% serta durasi waktu yang dicapai oleh subjek dalam mengerjakan tes pada tiap fase megalami penurunan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI