DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola Persebaran Pasak Bumi (Eurycoma longifolia Jack.) Di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK)) Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan
PENGARANG:ZAINAL ARIFIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-18


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola persebaran pasak bumi di kawasan hutan dengan tujuan khusus universitas lambung mangkurat Kalimantan Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di KHDTK ULM Kalimantan Selatan.Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan September sampai dengan November 2019 meliputi observasi lapangan, dilanjutkan dengan pengumpulan dan pengukuran data serta penyusunan laporan.

Hasil yang ditemukan pada pengamatan di lapangan terdapat 44 tumbuhan pasak bumi. Pasak bumi ditemukan dari semua jalur pengamatan sebanyak 5 jalur dengan jumlah total plot sebanyak 50 plot. Pasak bumi yang ditemukan pada setiap plot beragam dari tingkat semai dan pancang, pada jalur pertama ditemukan pasak bumi sebanyak 13 tumbuhan, pada jalur kedua ditemukan sebanyak 8 tumbuhan, pada jalur ketiga ditemukan sebanyak 5 tumbuhan, pada jalur keempat ditemukan sebanyak 9 tumbuhan dan pada jalur kelima ditemukan 9 tumbuhan. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan dan dengan menggunakan varians mean ratio pola persebaran pasak bumi di KHDTK ULM termasuk kategori acak. Komposisi pohon yang berada di sekitar lokasi tersebut didominasi oleh pohon madang puspa (Schima sp), wangun gunung (Melicope sp), tengkook ayam (Cryptocarya sp) dan margatahan (Palaquium dasyphyllum)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI