DIGITAL LIBRARY



JUDUL:pengaruh permainan pancing botol terhadap perkembangan emosi pada anak autis
PENGARANG:WIDYA NINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-18


ABSTRAK

 

Widya Ningsih, 2020. Pengaruh Permainan Pancing Botol Terhadap Perkembangan Emosi Pada Anak Autis. Skripsi. Program Studi Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Tahun Akademik 2019/2020. Pembimbing I: Dr. Imam Yuwono, M.Pd. Pembimbing II: Monry Fraick Nicky G.R.S., M.Pd

 

Kata kunci: Pancing Botol, Perkembangan Emosi, Anak Autis

           

            Anak autis memiliki hambatan yang berkaitan dengan perkembangan emosi, yaitu gangguan pada sistem limbik yang merupakan pusat emosi mengakibatkan anak autis kesulitan mengendalikan emosi, mudah mengamuk, marah, agresif, menangis, mendadak tertawa, anak menjadi hiperkinetis, agresif, menolak beraktivitas dengan alasan tidak jelas, menggigit atau mencakar. Reaktifitas sensorik atau gangguan pemprosesan dapat menyebabkan anak salah menafsirkan informasi emosional dari sekelilingnya sehingga mengakibatkan reaksi emosional yang tidak tepat atau ekstrim. Kurangnya kemampuan perkembangan emosi dalam mengendalikan emosi dapat menghambat atau mengganggu aktivitas dan tidak dapat beradaptasi dengan baik. Salah satu cara yang dapat meningkatkan perkembangan emosi adalah melalui permainan, maka perlu adanya permainan yang sesuai agar dapat meningkatkan perkembangan emosi. Permainan yang diduga dapat meningkatkan perkembangan emosi adalah pancing botol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan emosi melalui permainan pancing botol pada anak autis di TK Inklusi Pelita Hati Banjarmasin Timur.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, pola eksperimen yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian adalah siswa kelas TK.A yang berinisial B dengan alasan kemampuan emosi anak tidak stabil agar emosi anak dapat lebih terkendali. Sistem pencatatan data menggunakan observasi dan tes perbuatan. Teknik pencatatan data melalui observasi langsung dan tes, teknik analisis data menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi yang divisualisasikan melalui grafik garis.

            Hasil penelitian perkembangan emosi anak autis TK.A di TK Inklusi Pelita Hati Banjarmasin Timur pada baseline 1 (A1)  skor tertinggi yang diperoleh sebesar 17 skor, intervensi (B) sebesar 24 skor, dan baseline 2 (A2) 28 skor. Hal ini dapat disimpulkan bahwa permainan pancing botol memiliki pengaruh dalam perkembangan emosi pada anaak autis TK A di TK Inklusi Pelita Hati Banjarmasin Timur.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI