DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Komunikasi Nonverbal dalam Meningkatkan Rentang Perhatian Anak Autis dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf di TK. Inklusi Pelita Hati Banjarmasin
PENGARANG:SRI HARTATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-18


ABSTRAK

 

 

SRI HARTATI, 2020, Penggunaan Komunikasi Non-Verbal Untuk Meningkatan Rentang Perhatian Anak    Autis                Dalam  Pembelajaran            Pengenalan Huruf Di Tk.  Inklusi Pelita Hati Banjarmasin . Skripsi Program Studi Pendidikan Khusus, Jurusan Ilmu Pendidikan, FakultasKeguruandanIlmu Pendidikan.        Universitas Lambung Mangkurat.TahunAkedemik 2019/2020. Pembimbing I : H. Fauzul Adhim,M.Pd. Pembimbing II : Dewi Ekasari Kusumastuti,M.Pd.

 

Kata Kunci : Komunikasi Nonverbal, Rentang Perhatian, Anak Autis.

 

              Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan anak. Gangguan autis setidaknya ditunjukkan dengan kurangnya kemampuan anak pada kemampuan interaksi sosial, komunikasi verbal dan non-verbal, dan adanya kurangnya pemahaman terhadap instruks, disamping itu salah satu karakteristik anak autis adalah tidak memiliki kontak mata dengan baik. Perlakuan yang diduga dapat meningkatkan rentang perhataian adalah dengan penggunaan komunikasi nonverbal. Sehingga  yang jadi permasalah pada penelitian ini adalah “apakah penggunaan komunikasi nonverbal dengan cara kontak mata dan  juga gerakan anggota tubuh (gestur) dapat meningkatkan rentang perhatian anak autis dalam pembelajaran pengenalan huruf di TK. Inklusi Pelita Hati Banjarmasin”. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa penggunaan komunikasi nonverbal dapat meningkatkan rentang perhatian anak autis dalam pembelajaran pengenalan huruf.

                                                  Jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen single subject Research (SSR), desain A-B-A. Subjek penelitian adalah anak TK. Inklusi Pelita Hati dengan inisial NN dengan jumlah hanya satu orang anak dan setting pelaksanaan saat istirahat atau waktu pulang sekolah. Sistem pencatatan data dalam penelitian ini adalah observasi langsung dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual dalam kondisi dan analisis visual antar kondisi..

                                                           Hasil penelitian yaitu pada Baseline 1 (A1) durasi waktu  rentang perhatian anak autis dalam pembelajaran pengenalan huruf  memperoleh  hasil pada fase baseline 1(A1)  sebesar 3 detik, Intervensi (B) sebesar 7 detik, dan baseline 2 (A2) sebesar 8 detik, dengan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan komunikasi nonverbal dapat meningkatkan rentang perhatian anak autis di TK. Inklusi Pelita Hati Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI