DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IDENTIFIKASI SENYAWA DAN PENETAPAN KADAR FENOL DAN FLAVONOID TOTAL TABLET EKSTRAK ETANOL DAUN GAHARU (Aquilaria microcarpa Baill.) DENGAN BAHAN PENGIKAT Na-CMC (Natrium Carboxymethyl Cellulose)
PENGARANG:NUR AINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-18


ABSTRAK

 

IDENTIFIKASI SENYAWA DAN PENETAPAN KADAR FENOL DAN  FLAVONOID TOTAL TABLET EKSTRAK ETANOL DAUN GAHARU (Aquilaria microcarpa Baill.) DENGAN BAHAN PENGIKAT Na-CMC (Natrium Carboxymethyl Cellulose). (Oleh Nur Ainah; Pembimbing: Apt.Khoerul Anwar, Apt.Mia Fitriana; 2020; 37 halaman)

 

Fenol dan flavonoid adalah senyawa yang berperan untuk memelihara kesehatan karena memiliki aktivitas antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas. Salah satu tumbuhan yang memiliki senyawa fenol dan flavonoid adalah gaharu (Aquilaria microcarpa Baill.). Ekstrak etanol daun A.microcarpa dapat dikembangkan dengan pembuatan sediaan tablet dengan dosis yang tepat dan praktis. Tujuan penelitian untuk menentukan adanya senyawa flavonoid dan fenol serta menentukan berapa kadar senyawa tersebut pada sediaan tablet ekstrak etanol daun A. microcarpa dengan bahan pengikat Na CMC. Identifikasi senyawa fenol menggunakan pereaksi warna FeCl3 dan flavonoid menggunakan pereaksi warna logam Mg dan HCl, Sedangkan penetapan kadarnya untuk senyawa fenol mengunakan metode kalorimetri dengan pereaksi AlCl3 dan untuk senyawa flavonoid mengunakan metode kalorimetri dengan pereaksi Folin-Ciocalteu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat senyawa flavonoid total dengan kadar sebesar 0,5972±0,018%b/bEK dan senyawa fenol total sebesar 1,717±0,0058%b/bEAG. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tablet ekstrak etanol daun A. microcarpa memiliki kandungan senyawa flavonoid dan fenol.

 

Kata Kunci: Antioksidan, fenol, flavonoid, A. microcarpa, tablet

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI