DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN POLA ASUH ORANG TUA PENYANDANG TUNANETRA YANG MEMILIKI ANAK NORMAL
PENGARANG:Mariatul Kiftiah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-19


ABSTRAK

 

Mariatul Kiftiah, 2020 :  Gambaran Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunanetra Yang Memiliki Anak Normal Pembimbing (1) Chairl Paif Pasani (2) Hayatun Thaibah.

 

Kata Kunci : Pola asuh Orang tua penyandang tunanetra yang memiliki anak normal.

 

Tidaklah  semua manusia  terlahir ke dunia ini sebagai manusia yang normal. Ada pula manusia yang pada sejak lahir mengalami kecacatan atau  pada saat pertumbuhan mengalami kecacatan ataupun ketunaan secara  fisik. Ketidaksempurnaan tunanetra yang menjadi orang tua ini dapat menjadi masalah bagi tunanetra yang mengalaminya. Para penyandang tunanetra memiliki kebutuhan yang sama dengan manusia normal, tunanetra juga mempunyai kebutuhan untuk menikah, berumahtangga dan juga mendapatkan keturunan. Setelah melihat latar belakang yang ada, maka peneliti dapat membatasi dan merumuskan masalah yaitu:  Bagaimana pola asuh orang tua prnyandang tunanetra dalam merawatdan mendidik anak, dan bagaimana orang tua mengontrol perilaku anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pola asuh orang tua penyandang tunanetra yang memiliki anak normal dan bagaimana orang tua mengontrol perilaku anak.

Pola asuh orang tua penyandang tunanetra  yang memiliki anak normal melalui analisis kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara. Penelitian ini dilengkapi dengan foto, dan rekaman audio. Instrument penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan dilengkapi video recorder serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecenderungan pola asuh orang tua penyandang tunanetra yang memiliki anak normal adalah pola asuh demokratis, yaitu orang tua memprioritaskan kepentingan anak, mendorong anak menyatakan pendapat, kebebasan dalam memilih dan melakukan suatu tindakan tetapi bertanggung jawab dan tidak memberikan hukuman untuk kesalahan melainkan dengan memberi nasehat. Orang tua dalam mengontrol perilaku anak mengembangkan aspek-aspek ikatan batin ibu kepada anak, memberikan kepercayaan kepada anak. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI