DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Dalam Pelayanan Pendaftaran Paspor Berbasis Online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin
PENGARANG:NOORLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-19


                                                                                          ABSTRAK

Noorliani, D1B115222, 2019 “Kepemimpinan dalam Pelayanan Pendaftaran Paspor Berbasis Online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin”. Di bawah bimbingan Gazali Rahman selaku Pembimbing I dan Siti Mauliana Hairini Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan dalam pelayanan pendaftaran paspor berbasis online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin serta faktor-faktor yang mempengaruhi kepemimpinan dalam pelayanan pendaftaran paspor berbasis online di Kantor Imigrasi Kelas I Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan teori milik Djanalis Djanaid yang membagi 11 peran pemimpin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala kantor dalam memberikan pelayanan di Kantor Imigrasi dapat dikatakan baik. Jika dikaitkan dengan Djanalis Djanaid yaitu dilihat dari Sebagai Pengambi Keputusan, memotivasi Anak Buah, Sebagai Informan berjalan lancar karena kepala kantor berperan sebagai informan agar komunikasi yang terjalin antara kepala kantor dan pegawainya dapat berjalan satu arah dan tersampaikan dengan baik. Menciptakan Inspirasi belum optimal karena dalam memberikan ide-ide kreatif dalam mengadakan sosialisasi dan bazaar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat masih kurang. Menciptakan keadilan sudah optimal terbukti dengan memberikan tupoksi sesuai porsi dan tanggung jawab masing-masing kepada pegawai. Menyelesaikan konflik berjalan lancar dimana kepala kantor berperan sebagai penyelesai konflik, karena harus berada di posisi yang netral atau tidak berpihak. Sebagai pengawas sudah optimal terlihat dari peran kepala kantor yang selalu turun langsung untuk mengecek kinerja pegawainya karena beliau orangnya mobile.

Kepada Kantor Imigrasi hendaknya lebih sering memberikan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat mengenai pendaftaran paspor berbasis online terutama di Kota Banjarmasin dan Kepala Kantor perlu memotivasi pegawai yang bersifat kreatif dalam hal pemberian reward atau penghargaan dalam bentuk piagam, piala dan uang tambahan sebagai bentuk apreasi kepada pegawai yang dianggap memiliki kinerja yang baik.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Kepala Kantor Imigrasi, Paspor Online 

 

                                                                                           ABSTRACT

The purpose of this investigation focuses on knowing the leadership in online-based passport registration services at Banjarmasin Class I Immigration Office and factors that influence leadership in online-based passport registration services at Banjarmasin Class I Immigration Office.

The research method uses a qualitative approach with the type of descriptive research. In this study using Djanalis Djanaid's theory which divides 11 leader roles. Data collection techniques used were interview, observation and documentation techniques.

The results showed that the study indicate that the leadership of the head of office in providing services at the Immigration Office can be said to be good. If it is related to Djanalis Djanaid which is seen as Decision Makers, motivates subordinates, As Informants to run smoothly because the head of the office acts as an informant so that the communication that is established between the head of the office and his employees can run in one direction and is conveyed properly. Creating inspiration is not optimal because in providing creative ideas in conducting socialization and bazaars to provide services to the community is still lacking. Creating justice has been proven optimal by providing duties and responsibilities in accordance with their respective portions and responsibilities to employees. Resolving conflicts runs smoothly where the office head acts as a conflict resolver, because he must be in a neutral or impartial position. As a supervisor it is optimal to see the role of the head of office who always goes down directly to check the performance of his employees because he is a mobile person.

The Immigration Office should give more information directly to the public about registration of passports based online, especially in the city of Banjarmasin. The Head of Office needs to motivate employees who are creative in terms of providing rewards or awards in the form of certificates, trophies and additional money as a form of creation to employees who are considered to have good performance.

Keywords: Leadership, Head of the Immigration Office, Online Passport 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI