DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:MUHJIANOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-19


ABSTRAK

 

Muhjianor, 1610411610019, 2020. Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu. Di Bawah Bimbingan Ibu Avela Dewi.

 

        Penelitian ini berfokus kepada Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Tanah Bumbu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kabupaten Tanah Bumbu. 

 

        Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teori efektivitas menggunakan teori Sondang P. Siagian, terdapat tiga (3) poin yaitu waktu, kecermatan dan gaya pemberi layanan. 

 

        Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu belum maksimal efektif karena masih terdapat sejumlah aspek yang perlu di perbaiki yaitu, dari segi watu pelayanan yang masih kurang maksimal, kecermatan yaitu dari segi hasil yang masih kurang memuaskan karena masih ada kesalahan dalam pencetakan Kartu Identitas Anak, dan gaya pemberi layanan yang kurang memuaskan karena adanya keluhan dari masyarakat tentang kepedulian pegawai terhadap pelayanan yang diberikan.

 

Kata Kunci : Efektivitas , Pelayanan, Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI