DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN FLEKSIBILITAS SENDI TUNGKAI MELALUI METODE STRETCHING PADA ANAK CEREBRAL PALSY MONOPLAGIA KELAS III SDN KANDANGAN BARAT 4
PENGARANG:RAINA NORLIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-19


ABSTRAK

Raina Norliani, 1610127720064. 2020. Meningkatkan Kemampuan Fleksibilitas Sendi Tungkai Melalui Metode Stretching Pada Anak Cerebral Palsy Monoplagia Kelas III SDN Kandangan Barat 4. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Dr.H.Amka, M.Si Dan Pembimbing II: Jiyanta M.Pd

Kata Kunci : Kemampuan Fleksibilitas, Metode Stretching, Anak Cerebral                            Palsy

            Penelitian ini dilakukan terhadap anak cerebral palsy monoplagia yang masih belum mampu berjalan karena disebabkan kurangnya fleksibilitas sendi tungkai, anak juga cenderung bersifat manja dan sering ngambek serta masih bergantung kepada orang lain. Sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan fleksibilitas sendi tungkai pada anak cerebral pasly monoplagia kelas III di SDN Kandangan barat 4 menggunakan metode stretching.

            Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan penelitian subjek  tunggal, atau lebih dikenal dengan istilah single subject research (SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A. Subjek dalam peneltian ini adalah anak cerebral palsy monoplagia kelas III di SDN Kandangan Barat 4. Sistem pencatatan data menggunakan observasi langsung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis visual dalam kondisi dan antar kondisi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode stretching dapat meningkatkan kemampuan fleksibilitas sendi tungkai pada anak cerebral palsy monoplagia kelas III SDN Kandangan Barat 4. Peningkatan kemampuan fleksibilitas sendi tungkai pada Baseline 1 (A1) ke Intervensi (B) sebesar 40%, kemudian peningkatan pada intervensi (B) ke Baseline 2 (A2) sebesar 10%, total keseluruhan peningkatan kemampuan fleksibilitas sendi tungkai dengan metode stretching pada anak cerebral palsy monoplagia kelas III SDN Kandangan barat 4 adalah 50%.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI