DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Studi Identifikasi Perilaku Agresi Pada Siswa Yang Mengalami Kecanduan Game Online Mobile Legends Di SMP Negeri 28 Banjarmasin
PENGARANG:NUR IMTIYAZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-19


Imtiyaz, Nur. 2019. Studi Identifikasi Perilaku Agresi Pada Siswa yang Mengalami Kecanduan Game online Mobile legends di SMP Negeri 28 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Dr. Sulistiyana,S.Pd, M.Pd (II) Muhammad Arsyad, M.Psi Psikolog.

Kata Kunci : Perilaku Agresi, kecanduan Game online, Mobile legends.

          Game online sudah sangat diminati oleh kalangan pelajar khususnya siswa SMP. Tidak banyak diantara mereka sudah terindikasi kecanduan game online. Dampak dari kecanduan tersebut munculah sebuah perilaku salah satunya agresi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis gambaran perilaku agresi pada siswa yang mengalami kecanduan game onlineMobile legends di SMPN 28 Banjarmasin.

          Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli 2019 di SMPN 28 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 66siswa. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik snowball sampling yang berjumlah 2 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi dengan menggunakan anecdot record, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi.

          Berdasarkan hasil penelitian  “Studi perilaku agresi pada siswa yang mengalami kecanduan game online Mobile legends di SMP Negeri 28 Banjarmasin” adalah responden mengalami kecanduan game online Mobile legends karena menghabiskan waktu bermain game tersebut rata rata lebih dari 35 jam perminggunya. Akibat dari kecanduan bermain game online tersebut maka perilaku yang muncul berupa agresi. Perilaku agresi yang ditunjukkan oleh responden tersebut cenderung mengarah kepada agresi verbal. Dalam hal ini dapat simpulkan bahwa siswa yang mengalami kecanduan game online mobile legends memunculkan perilaku agresi (verbal) yang disebabkan melalui media massa (internet), keadaan sumpek (crowding) dan penyaluran frustasi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI