DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA APARATUR BADAN PERTANAHAN DALAM MENERBITKAN SERTIFIKAT DI KOTA BANJARBARU
PENGARANG:ADWIN TISTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-19


ABSTRAK

Adwin Tista, NIM : 1820421310018, 2020, Kinerja Aparatur Badan Pertanahan Dalam Menerbitkan Sertifikat Di Kota Banjarbaru. Dibawah bimbingan Saladin Ghalib dan Samahuddin Muharram.

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui kinerja aparatur badan pertanahan dalam menerbitkan sertifikat di kota Banjarbaru dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat kinerja aparatur badan pertanahan menerbitkan sertifikat di kota Banjarbaru.

Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan model interpretif geetz yaitu pendekatan fenomenologis yang berupaya mencari makna dan bukan mencari hukum, memahani setiap permasalahan dan bukan mencari teori dari fenomena.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja aparatur badan pertanahan dalam menerbitkan sertifikat di kota Banjarbaru masih kurang optimal, karena aparatur masih mengharapkan imbalan dari pemohon; adanya diskriminasi aparatur dalam memberikan pelayanan karena adanya sistem kedekatan; Daya tanggap (Responsibilitas) masih kurang karena adanya keluhan pembuatan gambar ukur dan peta bidang tanah; Akuntabilitas kurang baik karena banyak ditemukan keresahan/keluhan masyarakat, tidak transparan masalah biaya dan waktu penerbitan sertifikat. Adapun faktor pendukung kinerja aparatur badan pertanahan dalam menerbitan sertifikat di kota Banjarbaru adalah: disiplin, mobil Layanan Rakyat Untuk Sertifikat Tanah (LARASITA), sistem komputerisasi, ruangan tunggu, papan informasi dan bagan alir pertanahan. Adapun faktor penghambat kinerja aparatur badan pertanahan dalam menerbitkan sertifikat di kota Banjarbaru adalah sumber daya manusia, kurang pemahaman masyarakat, kurang prasarana komputer, rendah kemampuan aparatur, kurangnya kordinasi aparatur,penyimpanan warkah tidak memadai, tidak ada dana penggantian sertifikat hilang, tidak ada jaminan keamanan bagi aparatur badan pertanahan dalam bekerja.

Kata Kunci : Kinerja Aparatur, Sertifikat , Sumber Daya Manusia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI