DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PUSAT KENDALI DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SE-KOTA BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
PENGARANG:NUR IMAMAH AULIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-20


Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal diantaranya pusat kendali dan kedisiplinan belajar. Pusat kendali adalah keyakinan seseorang mengenai kesuksesan atau kegagalannya apakah merupakan akibat dari perilakunya sendiri ataukah merupakan pengaruh dari luar, sedangkan kedisiplinan belajar adalah suatu sikap, tingkah laku, dan perbuatan siswa untuk taat dan patuh dalam melakukan aktivitas belajar yang sesuai dengan keputusan dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pusat kendali terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-Kota Banjarmasin, (2) pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Banjarmasin, dan (3) pengaruh pusat kendali dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi semua siswa kelas VIII di SMP Negeri Se-Kota Banjarmasin sebanyak 6.263 siswa. Pengumpulan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 405 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur pusat kendali dan kedisiplinan belajar digunakan angket dan untuk hasil belajar matematika digunakan dokumentasi berupa nilai ulangan akhir semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh positif yang signifikan pusat kendali terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri se- Kota Banjarmasin dengan kontribusi pengaruh sebesar 5,8%, (2) ada pengaruh positif yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Banjarmasin dengan kontribusi pengaruh sebesar 4,9%, dan (3) ada pengaruh positif yang signifikan pusat kendali dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kota Banjarmasin sebesar 10,7% sedangkan 89,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI