DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KEPADATAN ARUS LALU-LINTAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE MKJI, MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG, DAN UNDERWOOD PADA JALAN AHMAD YANI KM.38 KABUPATEN BANJAR (STA 38+000 – STA 38+200)
PENGARANG:GUSTI CHAIRIN APTA RIADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-20


Kebanyakan orang sangat bergantung pada transportasi darat, oleh karena itu jalan merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting dalam sektor perhubungan terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa. Salah satu bagian yang penting dalam arus lalu lintas tersebut adalah pergerakan arus lalu-lintas. Arus lalu lintas merupakan salah satu komponen yang tidak bisa terpisahkan dengan komponen lainnya seperti aktivitas sosial, ekonomi, budaya, kependudukan dan pola tata guna lahan. Seiring dengan pertumbuhan arus lalu lintas yang meningkat dengan pesat, maka akan terjadi kepadatan arus lalu lintas. Kepadatan ini karena kapasitas kendaraan bermotor pada jalan tersebut jumlahnya sangat banyak, hal ini dapat menimbulkan kemacetan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang seberapa besar kapasitas pengguna jalan pada jalan Akhmad YaniKm.38 terhadap kinerja pada jalan tersebut.

Tiga model pendekatan lalu lintas melalui model Greenshields, Greenberg, Underwood dan MKJI 1997 memberikan pedoman untuk mendapatkan  Tingkat Pelayanan Jalan dari suatu ruas jalan.

Dari survey yang dilakukan, didapatkan data volume (F) dan kecepatan (S) dengan rentan waktu per 15 menit, kemudian dikumulatifkan menjadi per jam. Kemudian didapatkan persamaan model untuk arus Banjarbaru menuju ke Martapura yaitu model Greenshields dengan persamaan y = -0.3549x + 62.887  dan nilai R sebesar 0,693dengan volume maksimum sebesar 2785,84smp/Jam dan besaran kecepatan 31,45 Km/Jam serta kepadatannya sebesar 88,55 smp/km, sedangkan untuk arus Martapura menuju ke Banjarbaru didapatkan persamaan dengan ModelUnderwood dengan persamaany = 75.52e-0.009x dan nilai R sebesar 0,721, didapatkan saat volume maksimum sebesar 3086,92smp/Jam dengan kecepatan sebesar 27,8 Km/Jam dan kepadatannya sebesar 111 smp/km.

Berdasarkan prediksi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa pada tahun ke-13 tingkat pelayanan di jalan Ahmad Yani Km.38 berada pada kategori kelas E dan F. Karenanya perlu dilakukan penanganan agar tingkat pelayanan dapat meningkat dan menjadi lebih baik.

 

Kata Kunci: Greenshields, Greenberg, Underwood, MKJI, Prediksi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI