DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peningkatan Kemampuan Pra Menulis Pada Anak Down Syndrome Dengan Menggunakan Media Papan Tulis Magnet Di PAUD Larasati Sungai Tabuk
PENGARANG:ICHA ARLIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-20


ABSTRAK

Arliyani, Icha. 2020. ”Peningkatan Kemampuan Pra Menulis Pada Anak Down Syndrome Dengan Menggunakan Media Papan Tulis Magnet di PAUD Larasati Sungai Tabuk”. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan, Program S1 Pendidikan Khusus, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Dr. Imam Yuwono, M.Pd, Pembimbing II : Monry Fraick Nicky G.R.S.,M.Pd

Kata Kunci : Pra Menulis, Anak Down Syndrome, Media Papan Tulis Magnet.

Kenyataan di lapangan terdapat anak down syndrome yang mengalami hambatan dalam kemampuan menulis permulaan. Anak  down syndrome tersebut mengalami kesulitan dalam memegang pensil yang baik dan benar , kesulitan menghubungkan garis titik-titik dan hasil tulisan (handwriting) anak yang kurang tepat dan sering bergelombang. Dengan media papan tulis magnet peneliti ingin mengetahui apakah penerapan latihan motorik halus dengan menggunakan media papan tulis magnet dapat meningkatkan kemampuan pra menulis pada anak down syndrome. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pra menulis pada anak down syndrome di PAUD Larasati Sungai Tabuk.

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode SSR (Single Subjek Reseach). Subjek penelitian ini adalah seorang anak down syndrome yang berinisial ASP. Desain penelitian yang digunakan adalah desain A-B-A, yang dilaksanakan dalam 16 sesi pertemuan yang terdiri dari 4 sesi baseline 1 (A1), 8 sesi intervensi (B), dan 4 sesi baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis statistik deskriptif.

            Hasil penelitian ini dapat di lihat pada fase baseline (A1) atau kemampuan awal anak sebelum diberikan intervensi yaitu sebesar 15,00%, kemudian setelah diberikan intervensi (B) dengan menggunakan media papan tulis magnet kemampuan anak mengalami peningkatan sehingga mendapatkan hasil 90,00% dan pada fase baseline (A2) anak masih bertahan dengan skor 90,00%. Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulkan bahwa latihan motorik halus dengan menggunakan media papan tulis magnet dapat meningkatkan kemampuan pra menulis pada anak down syndrome di PAUD Larasati Sungai Tabuk.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI