DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pola asuh orang tua anak kembar tiga dengan penyandang tunanetra si slb negeri 1 pelaihari
PENGARANG:JULIHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-20


ABSTRAK 

 

Juliha, 2020 : “Pola Asuh Orang Tua Anak Kembar Tiga dengan Penyandanh Tunanetra di SLB Negeri 1 Pelaihari” Program Studi Pendidikan Khusus. 

Pembimbing (1) H. Fauzul Adhim, M.Pd   

(2) Dewi Ekasari Kusumastuti, M.Pd 

 

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua,Anak Kembar 3, Tunanetra

 

Penelitian ini mengemukakan tentang pola asuh orang pada anak tunanetra kembar tiga di SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Pada Penelitain ini diketahui bahwa keadaan anak kembar 3 ini adalah satu orang dengan keadaan blind dan 2 orang lainnya denagn keadaan low vision. Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh orang tua anak kembar tiga disabilitas tunanetra di SLB Negeri 1 Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. 

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik analisis datapenelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dengaNmenggunakan beberapa tehnik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Observasi yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipatif yaitu peneliti terlibat dengan kegiatan sehari – hari orang yang sedang diamati atau yang digunakan sebagai sumber data penelitian, sedangkan wawancara yang dilakukan adalah wawancara tak berstruktur agar wawancara bersifat santai dan lebih terbuka sehingga informasi yang diperoleh lebih mendalam. Tehnik dokumentasi juga digunakan dalam penelitian ini, berupa data-data atau dokumen yang dikumpulkan peneliti  yang berhubungan dengan keadaan dan kondisi anak seperti autobigrafi dan lain-lain.Reliabilitas danvalidasi data pada penelitian ini menggunakan  triangulasi tehnik dan triangulasi sumber, yaitu menanyakann hal yang sama dengan tehnik dan sumber yang berbeda.

Akhirnya penelitian ini menemukan bahwa jenis pola asuh yang digunakan orang tua dalam pengasuhan  anak kembar tiga disabilitas tunanetra di SLB Negeri 1 Pelaihari adalah pola asuh demokratis yaitu pola asuh yang memberikan anak kebebasan dalam pengasuhan nya, tetapi kebebasan itu tetap dikontrol oleh orang tua.Anak selalu didukung orang tua nya dalam belajar untuk mencapai prestasi sesuai kemampuannya. Anak juga selalu di ajarkan berprilaku baik dan selalu diingatkan ketika anak berbuat salah.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI