DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASILBELAJAR IPA TENTANG KONSEP SIFAT-SIFAT CAHAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI KUPANG KECAMATAN GAMBUT KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:ANI HANDAYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-20


Handayani, Ani. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Konsep Sifat-Sifat Cahaya Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl)Di Kombinasikan Dengan Numbered Heads Together (Nht) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V SDN Sungai Kupang Kecamatan GambutKabupaten Banjar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Dr.Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Sifat-Sifat Cahaya, Problem Based Learning, Numbered Heads Together, Scramble.

 

   Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Berdasarkan data nilai 3 tahun terakhir, nilai mata pelajaran IPA masih belum memenuhi harapan. Hal ini disebabkan para siswa tidak memahami materi yang dipelajari, siswa hanya mendengarkan, mencatat serta mengerjakan soal-soal dari guru, siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kurangnya minat siswa terhadap pelajaran IPA. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yaitu dengan menggunakanModel PembelajaranProblem Based Learning (Pbl)Di Kombinasikan Dengan Numbered Heads Together (Nht)DanScramble.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah PTK. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Kupang Kecamatan Gambut dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data berupa deskriptif kualitatif dengan cross tabel dan indikator.

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan kualitas aktivitas guru yang semula mencapai kriteria “Cukup Baik” pada pertemuan 1 dan menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan 4. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 mendapatkan 45% dengan kriteria “Cukup Baik” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 85% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu juga dengan hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh ketuntasan 60% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 85%.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl)Di Kombinasikan Dengan Numbered Heads Together (Nht) Dan Scramble dan hasil belajar siswa materi sifat-sifat cahaya kelas V di SDN Sungai Kupang Kecamatan Gambut. Disarankan kepada guru hasil penelitian ini sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar khususnya untuk materi sifat-sifat cahaya.

v


Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI