DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kognitif Anak Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan 1-20 Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction , Make A Match Dan Media Papan Flanel Pada Kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Sultan Suriansyah
PENGARANG:DESI NOR ALFISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-21


ABSTRAK

Alfisah, Desi Nor.  2020.  “Mengembangkan Kognitif Anak Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan 1-20 Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction , Make A Match  Dan Media Papan Flanel Pada Kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Sultan Suriansyah Banjarmasin”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP ULM. Dosen Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH., M.Pd.

Kata Kunci : Kognitif, Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan , Model Explicit Instruction, Model Make A Match dan Media Papan Flanel. 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dikarenakan kurang nya pembiasaan dalam kegiatan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti menggunakan kombinasi model explicit instruction, make a match dan media papan flannel. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan kognitif anak khususnya dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan.

Pendekatan penilitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di RA Sultan Suriansyah yang berjumlah 15 orang anak. Objek penelitian ini adalah pengembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Analisis data aktivitas guru mencapai skor ≥ 28 dengan kategori “sangat baik”, aktivitas anak mencapai skor ≥ 81 dengan kategori “sangat aktif” dan hasil pengembangan kognitif minimal mendapat ((( dengan kategori “berkembang sesuai harapan”.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi model explicit instruction, make a match dan media papan flannel bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 21 dengan kategori “Baik”, pertemuan II memperoleh skor 24 dengan kategori “Sangat Baik” dan pertemuan III meningkat menjadi skor 27 dengan kategori “Sangat Baik”. Aktivitas anak pada pertemuan I memperoleh 34% dengan kategori “Kurang Aktif”, pertemuan II  memperoleh 60% , pada pertemuan  III memperoleh nilai 87% dengan kategori “Sangat Aktif”. Hasil capaian perkembangan kognitif anak pada pertemuan I ada 7 anak memperoleh bintang ((( kategori berkembang sesuai harapan (BSH)  dan ada 8 anak memperoleh bintang (((( kategori berkembang sangat baik (BSB)   pada pertemuan II ada ada 5 anak memperoleh bintang ((( kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 10 anak memperoleh (((( kategori berkembang sangat baik(BSB) , pada pertemuan III berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 2 anak memperoleh ((( kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan 13 anak memperoleh (((( kategori berkembang sangat baik(BSB).

Kesimpulan penelitian ini adalah menggunakan kombinasi model explicit instruction, make a match dan media papan flannel dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dapat mengembangkan kognitif anak pada kelompok B RA Sultan Suriansyah Banjarmasin dan hipotesis penelitian ini dapat diterima. Dengan ini di harapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan capaian perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan dengan benar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI