DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN MODEL SELFIE POTO PADA SISWA KELAS VB SDN MANTUIL 2 BANJARMASIN
PENGARANG:LINA SHUFIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-22


 

ABSTRAK

 

Shufia, Lina. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok  Menggunakan Model SELFIE POTO Pada Siswa VB SDN Mantuil 2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd.,Ph.D.

 

 

 

kata kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar Siswa, Volume Bangun Ruang kubus, Volume Bangun Ruang Balok, Model SELFIE POTO, Student Facilitator and Explaining, Open Ended Problem,The Power Of Two

 

 

 

salah satu tujuan diberikannya pembelajaran matematika pada Era Revolusi 4.0 adalah mengembangkan high order thinking skills (HOTS). Untuk mencapai tujuan tersebut makamemerlukan adanya pembelajaran matematika yang membiasakan siswa untuk berfikir penalaran, analitis, pemecahan masalah , berfikir kritis dan kreatif. Tetapi pada kenyataannya pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya di SDN Mantuil 2 Banjarmasin memiliki maslah seperti rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi volume bangun ruang di kelas V SDN Mantuil 2 Banjarmasin. Masalah ini disebabkan pembelajaran kurang bermakna, siswa kurang aktif dalam pembelajaran, serta pembelajaran yang berjalan hanya satu arah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran yang bermakna menggunakan model SELFIE POTO adalah salah satu solusi terbaik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa, aktivitas guru, motivasi dan hasil belajar siswa kelas V B di SDN Mantuil 2 Banjarmasin.

 

Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Mantuil 2 Banjarmasin pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 17 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknik pengukuran berupa tes tertulis secara individu dan angket. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik berikut interpretasinya dengan persentase dan indikator ketuntasan belajar yang telah ditetapkan. Aktivitas guru dinyatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”. Motivasi belajar siswa dinyatakan berhasil jika mencapai kriteria “Aktif” dan “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa berhasil apabila ≥81% siswa mendapatkan nilai ≥60.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh predikat dengan kriteria baik, pertemuan II memperoleh predikat dengan kriteria sangat baik, pertemuan III memperoleh kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I berada pada kategori kurang aktif, pada pertemuan II berada pada kategori aktif, pada pertemuan III berada pada kategori sangat aktif. Motivasi belajar siswa pada pertemuan I berada pada kategori “sangat rendah”, pertemuan II berada pada kategori “Tinggi” dan pada pertemuan III memperoleh kategori”Sangat Tinggi”. Ketuntasan klasikal pada pertemuan I berada pada angka 59%, pertemuan II 84%, dan pertemuan III 92%.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, motivasi belajar siswa sangat tinggi dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang ingin dicapai menggunakan kombinasi model SELFIE POTO yang merupakan hasil adopsi dari model Student Facilitator and Explaining kombinasi dengan Open Ended Problem dan The Power of Two pada mata pelajaran Matematika materi volume bangun ruang tentang volume kubus dan balok. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya pada mata pelajaran Matematika materi volume bangun kubus dan balok ruang di Kelas V.

 

                                   

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI