DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI PQ4R ANAK SLOW LEARNER
PENGARANG:MAYASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-22


ABSTRAK

Mayasari, 2020. Studi Deskriptif Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi PQ4R Anak Slow Learner. Skripsi, Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu Pendidikan.Universitas  Lambung  Mangkurat Banjarmasin.  Pembimbing  I:  Utomo  dan Pembimbing II: Septi Aryanti.

Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Strategi PQ4R, Slow Learner

 

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hambatan dalam proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R pada anak slow learner dan kendala-kendala yang didapat dalam proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R pada anak slow learner. Fakta di lapangan ditemukan bahwa anak slow learner masih kesulitan dalam hal menemukan ide pokok dan tujuan dari bahan bacaan yang anak baca. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R pada anak slow learner dan mengetahui kendala-kendala yang didapat dalam proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R pada anak slow learner dalam pembelajaran di kelas VIIA SMP Negeri 2 Kotabaru.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak slow learner kelas VIIA SMP Negeri 2 Kotabaru.

Hasil  penelitian  yang dilakukan menunjukan  bahwa terkait keterampilan membaca pemahaman melalui strategi PQ4R anak slow learner di SMP Negeri 2 Kotabaru, yaitu:  1)  Pada tahap pertama hasil penelitian anak slow learner tidak memahami dan kurang mengerti tentang apa yang harus dikerjakan dari teks bacaan yang sudah diberikan. Kemudian adanya ketidakfokusan anak pada saat pembelajaran sehingga membuat anak slow learner tidak bersemangat.  2)  Pada tahap kedua peneliti menemukan adanya peningkatan hasil belajar membaca pemahaman menggunakan strategi PQ4R yang sudah diajarkan pada tahap pertama sebelumnya, sehingga membuat anak tidak merasakan kesulitan. Meskipun memang masih ada saja hal-hal sulit memahami pembelajaran. Adapun kendala-kendaaa yang ditemui dalam proses pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan strategi PQ4R pada anak slow learner, yaitu 1) strategi ini kurang efektif dilaksanakan pada kelas dengan jumlah yang terlalu besar karena bimbingan guru tidak maksimal dan konsentrasi anak slow learner jadi terganggu; 2) Strategi PQ4R ini harus dilakukan dengan beberapa tahap tidak mesti dengan satu kali pertemuan saja; 3) Guru masih kurang bisa menguasai kelas sehingga banyak siswa yang belum tertib kemudia membuat kelas gaduh dan memecah konsentrasi anak slow learner; 4) Cara penyampaian materi belum jelas, sehingga banyak siswa yang belum paham; dan 5) Guru masih kurang memerhatikan alokasi waktu pembelajaran sehingga tidak cukup waktu bagi slow learner memahami materi pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI