DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Layanan Aplikasi PDAM Bandarmasih Berbasis Mobile Di PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin
PENGARANG:VANESA REGITHA ARDEA PRAMESTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-23


ABSTRAK

 

Vanesa Regitha A.P, NIM 1610411220026, Layanan Aplikasi PDAM Bandarmasih Berbasis Mobile Di PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin. Dosen Pembimbing Avela Dewi.

Perusahaan Daerah Air Minum yang merupakan badan usaha milik daerah satu-satunya yang menyediakan sarana air bersih untuk kebutuhan masyarakat sebagai pelanggan. Sebagai perusahaan daerah yang tidak mempunyai pesaing,  seyogianya harus tetap memberikan pelayanan kepada pelanggan yang menjadi tanggung jawab PDAM Bandarmasih kepada pelanggannya. Dalam pelaksanaan pelayanan, PDAM Bandarmasih masih terdapat kekurangan. Adanya kekurangan dalam fitur aplikasi dan masih kurangnya pelanggan yang memanfaatkan layanan melalui aplikasi ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Layanan Aplikasi PDAM Bandarmasih Berbasis Mobile di PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin serta faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan indikator-indikator Standar Pelayanan Publik (Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Layanan Aplikasi PDAM Bandarmasih di PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin masih perlu ditingkatkan dalam hal sistem, mekanisme dan prosedurnya, pengawasan internal, dan penanganan pengaduan, saran, masukan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan Layanan Aplikasi PDAM Bandarmasih Berbasis Mobile di PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin kurang optimal dan perlu peningkatan lagi.

Saran dari peneliti kepada PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin dalam Layanan Aplikasi PDAM Bandarmasih Berbasis Mobile ini adalah: diperlukan pengembangan dalam sistem, mekanisme, dan prosedurnya, diperlukan pengawasan internal yang lebih maksimal lagi, diperlukan lebih banyak operator untuk menangani call center.

Kata Kunci : Layanan, Aplikasi, PDAM.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI