DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPARATIF PELAKSANAAN MODEL PICTURE AND PICTURE, TALKING STICK DAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF UNTUK MENGENAL SEBAB AKIBAT TENTANG LINGKUNGAN PADA ANAK KELOMPOK TK B
PENGARANG:LATIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-23


 

Latifah. 2020. “Analisis Komperatif Pelaksanaan Model Picture And Picture, Talking Stick Dan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Untuk Mengenal Sebab Akibat Tentang Lingkungan Pada Anak  Kelompok TK  B”. Skripsi Program S1 Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si

 

 

 

Kata Kunci: Kognitif, Picture and Picture, Talking Stick, Bercerita.

 

 

 

Berdasarkan Studi pendahuluan skripsi 1 oleh Norhayati 2019 dan skripsi 2 oleh Siti Munawarah 2018 disimpulkna bahwa kedua skripsi telah menerapkan kombinasi model picture an picture, talking stick dan metode bercerita dan berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil belajar saat penerapan kombinasi model picture an picture, talking stick dan metode bercerita pada 2 buah hasil penelitian tindakan kelas tersebut.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek kognitif anak dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dari perbedaan dan persamaan dari kedua penelitian terdahulu. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengembangkan aspek kognitif dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan dengan menggunakan model picture and picture, talking stick dan metode bercerita.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif komparatif dan dilakukan dengan analisis studi kepustakaan. Hasil analisis data aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak yang dilakukan menggunakan model picture and picture, talking stick dan metode bercerita mengalami peningkatan yang signifikan. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa kombinasi model picture and picture, talking stick dan metode bercerita dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal sebab akibat tentang lingkungan. Karena itu disarankan agar guru dapat mengunakan model atau metode sebagai alternatif untuk pembelajaran.

 

Penelitian ini dilakukan dengan rancangan multi individual, sehingga analisis data dilakukan dalam 2 tahap yakni analisis data individual dan analisis data lintas individual. Uji keabhsahan data meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan comfirmability.

 

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 1. Aktivitas anak skripsi 1 lebih baik dibandingkan skripsi 2. Hasil belajar pada aspek kognitif kedua skripsi sama karena sama-sama mengalami peningkatan.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI