DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI ANAK AUTIS DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 5C SLB NEGERI KOTABARU
PENGARANG:GUSTI QOMARIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-23


ABSTRAK

Gusti Qomariyah, 2020. Interaksi Anak Autis dalam Pembelajaran di Kelas 5C SLB Negeri Kotabaru. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I : Utomo, M.Pd dan  Pembimbing II : Septi Aryanti, M.Pd.

Kata Kunci : Interaksi, Anak Autis, Pembelajaran

 

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya anak mengalami hambatan dalam interaksi anak terhadap guru, interaksi anak terhadap anak lainya, dan hambatan interaksi anak terhadap sumber belajar. Fakta dilapangan ditemukan bahwa anak autis kesulitan dalam berinteraksi karena terkendala cara komunikasi verbal, komunikasi non verbal, interaksi positif, dan interaksi negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi anak dengan guru dalam pembelajaran, untuk mengetahui interaksi anak autis dengan siswa lainnya dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui interaksi anak autis dengan sumber belajar dalam pembelajaran di Kelas 5C SLB Negeri Kotabaru.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak autis di kelas 5C SLB Negeri Kotabaru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan member check.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terkait dari interaksi anak terhadap guru, interaksi anak terhadap anak lainnya, dan interaksi anak terhadap sumber belajar, yaitu : (1) Subjek AI menunjukkan bahwa AI sosialnya sudah baik, ramah, tetapi lemah di sumber belajar. (2) Subjek MIM menunjukkan bahwa masih kurang kemampuan verbal, sosial nya masih kurang, cuek, tidak mau diganggu, sangat aktif sekali. (3) Subjek MB menunjukkan bahwa masih kurang kemampuan verbal, sosial nya masih kurang, cuek, tidak mau diganggu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI