DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB NEGERI 2 MARTAPURA
PENGARANG:JUNAINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-23


ABSTRAK

 

JUNAINAH1610127720035 2020. Meningkatkan kemampuan berhitung Dengan Menggunakan  Media Flash card Pada Anak Tunagrahita Ringan di Kelas I SLB Negeri 2 Martapura. Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Utomo M,Pd dan Pembimbing II: Septi ariyanti, M.Pd

 

Kata Kunci: Kemampuan Berhitung, Tunagrahita Ringan, Flash Card

Penelitian ini dilakukan terhadap Anak Tunagrahita Ringan, terhadap perkembangan mental anak dalam kemampuan berhitung. Mental  mereka masih berada pada tahap pengerjaan benda-benda konkrit, maka pemberian materi pada mereka diperlukan alat bantu yang dapat memperjelas materi pelajaran,. Penggunaan alat bantu dimaksudkan agar materi yang diberikan mempunyai makna bagi anak. sesuai dengan permasalahan yang dikemukakan di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus pada anak I SLB Negeri 2 Martapura dengan menggunakan media Flash Card.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pada anak kelas I Anak Tunagrahita Ringan SDLB Negeri 2 Martapura. Dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa gambar yang menjadi media berhitung sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Desain eksperimcn yang akan digunakan adalah Pra-Eksperimental Desaign dengan bcntuk One Group Pre-test Post-test desaign. Subjek yang diteliti terdiri dari 3 anak laki – laki di kelas I SDLB NEGERI 2 Martapura. Analisis deskriptif ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum sampel tentang kemampuan Berhitung Selain pembuktian dengan analisis deskriptif kuantitatif, Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini, penetiti menggunakan anatisis uji T.

Berdasarkan dari hasil observasi nilai Pre-test, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Berhitung dengan jumtah total dua bilangan dibatasi maksimal sampai 10, tingkat keaktifan anak, kreatifitas, serta kemampuan anak dalam Berhitung masih rendah, dan mempengaruhi hasil pre-test yang masih kurang dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu kurang dan > 60. Berdasarkan nilai atau hasi Post-test disimpulkan bahwa hasil belajar Berhitung dengan menggunakan Flash Curd dapat meningkat, yaitu dari sebelum menggunakan media dengan nilai rata-rata 46,7 kemudian setelahmenggunakan media menjadi 73,3.

Hasil penelitian pada anak kelas I Anak Tunagrahita Ringan SDLB Negeri 2 Martapura, pada pembelajaran matematika, khususnya materi kemampuan Berhitung dengan menggunakan media Flash Card,  maka dapat diambil kesimpulannya adalah penggunaan media Flash Card dalam meningkatkan kemampuan penjumalahan Anak Tunagrahita kelas ISDLB Negeri 2 Martapura.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI