DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Lectora Inspire Pada Siswa Autis Di TK Negeri Idaman Banjarbaru
PENGARANG:NUR ANIS FITRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-24


Nur Anis Fitraini. 2020. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Lectora Inspire Pada Siswa Autis DI TKN Idaman Banjarbaru. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing (1) Agus Pratomo Andi W., M.Pd dan   ( II) Sihadi.,M.Pd. 

Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Lectora Inspire, Siswa Autis 

Permasalahan di TKN Idaman Banjarbaru, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran membaca permulaan pada QDK yaitu anak autis belum mampu membaca suku kata, kata, maupun kalimat. Anak sudah mampu mengenal huruf abjad hari A hingga Z. Kemampuan dasar yang sudah dimiliki adalah anak paham dengan perintah yang diinstruksikan oleh guru.Anak terkadang tidak memperhatikan pembelajaran dari guru. Perhatian dan konsentrasi anak masih sering terganggu, terkadang anak masih suka jalan-jalan di kelas Bahasa non-verbal meskipun sebenarnya anak sudah bisa bahasa verbal hanya saja terkadang anak masih bingung menggungkapkan keinginan melalui bahasa verbal. Tujuan penelitian 1) Kemampuan  membaca permulaan anak anak autis DI TKN Idaman Banjarbaru. 2) Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media lectora inspire pada anak autis DI TKN Idaman Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode ekperimen tipe SSR. Subjek penelitian ini berjumlah 1 orang anak autis. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan tes. Analisis data merupakan tahap terakhir sebelum penarikan kesimpulan dalam penelitian eksperimen dengan subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) 

Hasil penelitian menunjukan bahwa Baseline (A1) memperoleh skor sebesar 35.7, intervensi (B2) memperoleh skor sebesar 52.6 dan baseline (A3) memperoleh skor 83.5, dari gambaran tersebut dapat diketahui kecenderungan positif yang menunjukan adanya peningkatan kemampuan  belajar membaca permulaan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI