DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH DAN TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK A TK NEGERI IDAMAN BANJARBARU
PENGARANG:AINA RIAANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-24


ABSTRAK

Riani, Aina. 2019. “Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Make A Match dan Talking Stick pada Anak Kelompok A TK Negeri Idaman Banjarbaru”. Skripsi  S1 Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

 

Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Lambang Bilangan, Make A Match, Talking Stick

 

Permasalahan dalam penelitian ini berlatar belakang pada kurang berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Penyebabnya adalah selama pembelajaran berlangsung masih ada anak yang belum bisa fokus terhadap penjelasan dari guru, kurangnya interaksi antara guru dan anak, kurangnya aktivitas anak dan pembelajaran yang masih bersifat abstrak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan menggunkan kombinasi model Make A Match dan Talking Stick pada anak kelompok A TK Negeri Idaman Banjarbaru.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setting penelitian anak kelompok A semester 2019/2020 yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi untuk mengamati aktivitas guru dan kemampuan kognitif anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada Siklus I Pertemuan 1 mendapatkan 16 skor dengan kategori “cukup baik”, pada Siklus I Pertemuan 2mendapatkan 21 skor dengan kategori “baik” dan pada Siklus II Pertemuan 1 mendapatkan 26 skor dengan kategori “sangat baik”. Aktivitas anak pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 47,18% kategori “cukup aktif”, pada Pertemuan 2 aktivitas anak meningkat menjadi 70,93% kategori “aktif”, sedangkan pada Siklus II aktivitas anak mencapai 87,5% kategori “sangat aktif”. Untuk hasil pengembangan aspek kognitif anak pada Siklus I Pertemuan 1 mencapai 50%, pada Pertemuan 2 meningkat menjadi 70% dan meningkat kembali pada Siklus II mencapai 95%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Make A Match dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas anak dan mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan pada TK Negeri Idaman Banjarbaru. Bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam memilih model-model pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambing bilangan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI