DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENETAPAN KADAR ZINC PYRITIONE PADA SHAMPO PRODUK LOKAL DAN NASIONAL DENGAN METODE TITRASI IODIMETRI YANG BEREDAR DI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ANNISA MEIRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-08-24


ABSTRAK

 

 

 

PENETAPAN KADAR ZINC PYRITIONE PADA SHAMPO PRODUK LOKAL DAN NASIONAL DENGAN METODE TITRASI IODIMETRI YANG BEREDAR DI KALIMANTAN SELATAN (Oleh Annisa Meirina; Pembimbing: Fadlilaturrahmah; 2020; 29 halaman).

 

Permasalahan rambut yang memperoleh banyak perhatian dalam bidang kosmetika. Ketombe menjadi masalah yang sangat umum dikeluhkan oleh masyarakat. Zinc pyrithione terbukti sebagai cytostatic agent, yang mengurangi laju pergantian epidermis, sehingga mengurangi timbulnya ketombe. Penelitian bertujuan untuk menentukan kadar zinc pyrithione dalam sediaan shampo merek lokal dan nasional dengan metode titrasi Iodimetri dan mengetahui kesesuaian kadarnya sesuai PerKa BBPOM No. HK.00.05.42.1018. Sampel shampo yang digunakan adalah shampo bilas dengan kode sampel A, B, dan C. Hasil pengujian menunjukkan kadar rata-rata pada shampo A, B, dan C masing-masing sebesar 0,52%, 0,63%, 0,88%. Sampel A, B, dan C telah memenuhi persyaratan kadar zinc pyrithione sebagai antiketombe dalam shampoo yaitu kurang dari 2%.

 

 

Kata kunci: Titrasi, Iodimetri, Zinc pyritione, shampo, kadar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI